Ribetnya Menggarap Film Aksi Tanpa Teknik CGI

Ribetnya Menggarap Film Aksi Tanpa Teknik CGI
Film Jaws tahun 1983 sebelum ada efek CGI. (Listal)

Teknik penyuntingan gambar CGI sudah sangat berkembang saat ini. Teknik itu sangat membantu penyuntingan film-film aksi. Namun, bagaimana dengan film aksi zaman dulu yang belum mengenal teknik CGI?

Inibaru.id – Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan banyak sumbangan di setiap aspek kehidupan, termasuk dalam pembuatan film. Dengan bantuan teknologi komputer dan layar hijau, sang pembuat film dapat menciptakan tontonan yang lebih segar dan berkualitas. Teknologi tersebut bernama Computer Graphic Image (CGI).

Penggunaan teknik CGI dalam industri perfilman sudah dimulai pada era 2000-an. Sejak saat itu, CGI memiliki peran dominan untuk memberikan efek visual yang lebih nyata. Lalu, bagaimana ya pembuatan film sebelum muncul teknologi CGI? Hm, pastilah lebih ribet karena adegan mesti dilakukan secara nyata, terutama pada film bergenre aksi.

Gambar terkait

Salah satu adegan di balik layar di film Superman (1978). (Thisisnotporn)

Keribetan itu terjadi dalam pembuatan film Superman (1978), jauh sebelum adanya teknologi CGI. Selama pembuatan, ada banyak properti yang digunakan bahkan hanya untuk satu adegan film. Saat adegan pengiriman Clark Joseph Kent atau Superman bayi dari planet Krypton ke Bumi misalnya. Pembuatan adegan tersebut dilakukan di dalam studio dengan aneka properti planet-planet buatan.

Hasil gambar untuk bts jaws 1975

Hiu mekanik yang dipakai dalam film Jaws (1975). (Irishtimes)

Film Jaws (1975) juga dibuat tanpa teknik CGI. Untuk membuat hiu tampak nyata, sutradara Steven Spielberg menggunakan hiu mekanik bernama Bruce. Proses syuting juga sering terhambat karena Bruce sering berhenti bekerja dan tenggelam ke dalam laut.

Hasil gambar untuk bts an american werewolf

Di balik layar syuting film An American Werewolf (1981). (Pinterest)

Ada pula film An American Werewolf (1981) yang masih dibuat secara manual tanpa teknik CGI. Sutradara John Landis dan makeup artist Rick Baker harus menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk adegan sepanjang dua setengah menit yakni, saat transformasi werewolf dari bentuk manusianya.

Hm, kalau lihat filmnya, kamu mungkin bakal merasa aneh karena nggak tampak alami dan nyata. Namun, bila mengetahui proses pembuatannya, dua jempol sepertinya nggak cukup untuk mengapresiasi tim di balik layar. Untung saja saat ini sudah ada teknik CGI sehingga pembuatan film aksi nggak akan seribet itu. Kira-kira teknik apa lagi ya yang bakal muncul dalam dunia perfilman yang akan datang? (IB07/E04)