Rayakan Skateboarding Day, Para Pencinta Skateboard Ramaikan Acara Kreatif di Lapangan Simpang Lima Kota Semarang

Rayakan Skateboarding Day, Para Pencinta Skateboard Ramaikan Acara Kreatif di Lapangan Simpang Lima Kota Semarang
Skateboarder mencoba melewati rintangan pada perhelatan Skateborading Day. (Inibaru.id/ Audrian F)

Dalam merayakan Skateboarding Day, para pencinta skateboard membuat acara kreatif yang diisi dengan seluncur bersama, kompetisi dan konvoi. Acara tersebut dilakukan di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang.

Inibaru.id - Hari skateboard jatuh pada Jumat (21/6). Awalnya tanggal tersebut tercetus pada 2004. Penginiasiasi dari hari skateboard tersebut adalah Association of Skateboard Companies (IASC). Hari besar tersebut mengusung misi agar skateboard lebih dikenal melalui berbagai acara di kota-kota besar dunia.

Biasanya skateboarder membuat  acara dengan tajuk “Go Skateboarding Day”, yakni mengisi dengan kegiatan kreatif seperti kompetisi, meluncur bersama, pertunjukan musik atau sejenis penggalangan dana.

Pencinta skateboard yang berasal dari dalam dan luar Semarang ikut meramaikan gelaran Skateboarding Day. (Inibaru.id/ Audrian F)

Nah, pada kali ini Ikatan Skateboard Semarang (ISS) membuat sebuah pagelaran “Go Skateboarding Day” di lapangan Simpang Lima, Kota Semarang, pada Jumat (21/6). Acara tersebut diikuti oleh puluhan lebih pecinta skateboard Semarang. Namun ada juga lo yang datang dari luar Semarang, seperti Salatiga, Weleri, Kendal, dan Pekalongan.

Iqbal Risha, selaku ketua acara ini mengungkapkan kalau acara seperti ini harus digalakan agar skateboarder bisa saling bersilaturahmi dan bermain bersama. “Penting sekali bagi skateboarder ya. Kalau di hari biasa belum tentu kami bisa berkumpul seramai ini. Semua sudah terpecah ke dalam kelompok skateboard-nya masing-masing,” ucap Iqbal.

Acara “Go Skateboarding Day” tersebut diisi oleh berbagai perlombaan dengan hadiah menarik berupa uang tunai, sepatu dan papan skate. Perlombaan tersebut terdiri dari High Ollie, Long Olie, Banks Over Box, Best Trick, dan ditutup dengan konvoi.

Sepanjang acara yang berlangsung dari pukul 16.00 sampai 20.00 tampak antusiasme tinggi ditunjukan oleh para skateboarder. Seperti yang dikatakan Sulis, skateboarder asal Salatiga. “Soalnya cuma pada saat ini bisa berkumpul dengan para skateboarder lain. Adanya even di Semarang, jadi saya ke Semarang,” ujarnya.

High Ollie, salah satu rintangan yang diperlombakan di Skateboarding Day. 9. (Inibaru.id/ Audrian F)

Menggantungkan Harapan

Bertepatan dengan peringatan hari skateboard sedunia ini, harapan tinggi dijunjung oleh para skateboarder khususnya penggiat Ikatan Skateboard Semarang (ISS).

Lintang Nares, yang sudah sejak dari tahun 1998 bermain skateboard berharap agar para skateboard bisa lebih dikenal oleh masyarakat lagi. Dia juga berharap agar pemerintah ikut menjangkau komunitas-komunitas seperti skateboard ini.

“Setidaknya kami dilibatkan, misal dalam pembuatan track skateboarding saja sederhananya. Itu kan juga demi perkembangan dan kemajuan skateboard di Semarang,” tandasnya.

Selain itu dia juga menambahkan, semoga bisa semakin dikenal masyarakat, dan makin banyak yang tertarik juga untuk mencobanya. “Ini asyik kok, permainan dalam bentuk olahraga. Positif dan sangat bermanfaat,” tutupnya.

Wah, sepertinya seru ya, Millens. Kamu mau mencoba bermain skateboard? (Audrian F/E05)