Kolaborasi dengan Letto, Penyanyi Asal Jepang Hibur Pengunjung Senandung Atas Awan

Kolaborasi dengan Letto, Penyanyi Asal Jepang Hibur Pengunjung Senandung Atas Awan
Musikus berkebangsaan Jepang, Hiroaki Kato, tampil menghibur di hari kedua Dieng Culture Festival (DCF) 2018. (Mayang Istnaini/Inibaru.id)

Dikenal di Indonesia lantaran mengkaver lagu "Ruang Rindu" kepunyaan Letto, musikus asal Jepang itu malah tampil berduet dengan Noe dkk di tengah pengunjung Senandung Atas Awan, salah satu konser dalam rangkaian Dieng Culture Festival (DCF) 2018. Siapa dia?

Inibaru.id – Namanya Hiroaki Kato. Musikus asal Jepang itu mulai dikenal penikmat musik Tanah Air setelah mengkaver lagu "Ruang Rindu" yang diciptakan dan dilantunkan Letto. Suaranya yang khas kini kian melekat kuat setelah saya mendengarnya sendiri dalam konser Senandung Atas Awan, Sabtu (4/8/2018) malam lalu.

Senandung Atas Awan adalah bagian dari festival tahunan Dieng Culture Festival (DCF) yang digelar di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Acara tersebut digelar bersama dengan Festival Lampion yang dijadwalkan sebagai penutup DCF hari kedua tersebut.

Nggak hanya menampilkan band-band lokal, sejumlah pemusik kenamaan bertaraf nasional, bahkan internasional, juga selalu ditampilkan dalam konser tahunan tersebut. Seperti tahun lalu, bintang tamu itu biasanya menjadi "kejutan" yang dirahasiakan namanya oleh panitia.

Letto menjadi bintang tamu pertama yang dimunculkan, diikuti Hiroaki Kato yang langsung berkolaborasi dengan Noe, vokalis Letto, untuk melantunkan lagu "Ruang Rindu".

Noe "Letto" dan Hiroaki Kato menyanyikan lagu "Ruang Rindu" bersama-sama. (Putri Rachmawati/Inibaru.id)

 

Hiroaki yang lancar berbahasa Indonesia tampil unik dengan mengenakan pakaian khas Jepang. Nggak hanya tampil dengan "Ruang Rindu", lelaki berkucir itu juga membawakan sejumlah lagu ciptaannya sendiri yang sebagian berbahasa Indonesia, salah satunya "Beda Selera".

Pada kesempatan itu Hiroaki juga sempat membawakan satu lagu spesial yang menjadi theme song Asian Games 2018, yakni “Bright As the Sun”. Dalam lagu ini, Hiroaki membawakannya menggunakan tiga bahasa, yakni Indonesia, Jepang, dan Inggris.

Merasa Tersanjung

Sebagai musikus asal Jepang, Hiroaki mengaku merasa tersanjung dengan sambutan meriah yang diberikan penikmat musik di Indonesia. Hal itu disampaikannya langsung di hadapan para penonton Senandung Atas Awan.

Hiroaki Kato yang tampil dalam acara Senandung Atas Awan dengan mengenakan pakaian khas Jepang. (Putri Rachmawati/Inibaru.id)

“Terima kasih Indonesia, telah menyambut kami dengan baik. Semoga hubungan Indonesia dengan Jepang semakin akrab. Semoga banyak orang Indonesia yang datang ke Jepang, pun sebaliknya,” ujar Hiroaki yang kemudian menyanyikan lagu ciptaannya, “Arigatou, Terima Kasih”.

Dia juga menyampaikan bahwa pada tahun ini merupakan tepat 60 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia. Hm, musik memang mendamaikan! Ha-ha. (Putri Rachmawati/E03)