Nagini dan Mitos Dewi Naga Gini dari Indonesia

Nagini dan Mitos Dewi Naga Gini dari Indonesia
Claudia Kim, pemeran Nagini. (Warner Bros Pictures)

Sejak kehadiran trailernya, karakter Nagini sebagai sosok ular jejadian menjadi perbincangan hangat.

Inibaru.id – Trailer film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald telah keluar. Sosok Nagini, perempuan yang menjadi ular jejadian pun jadi perbincangan hangat di kalangan pencinta film.

Yap, Nagini yang diperankan oleh aktris Korea, Claudia Kim, dianggap menjadi bentuk sentimen Hollywood terhadap orang Asia seperti ditulis cnnindonesia.com Kamis (27/9/2018).

Eits, karakter Nagini memang hadir dari mitologi Asia kok. Tepatnya mitologi siluman ular dari Indonesia. Hal itu juga sudah dikonfirmasi oleh JK Rowling selaku penulis naskah melalui laman twitternya.

Konfirmasi JK Rowling. (twitter.com/jk_rowling)

Sosok siluman ular memang akrab sebagai salah satu mahkluk “halus” di kalangan masyarakat Indonesia ya, Millens. Film-film horor tentang siluman ular menjadi salah satu faktor berkembangnya mitologi tersebut di Indonesia.

Sebut saja Nyi Blorong (1982), Perkawinan Nyi Blorong (1983), hingga Titisan Dewi Ular (1990) yang diperankan Suzzanna. Film-film itu semakin menguatkan mitos siluman ular di Indonesia.

Dewi Naga Gini

Bukan karena film siluman ular, ternyata karakter Nagini hadir karena JK Rowling terinspirasi oleh Dewi Naga Gini, sosok dalam pewayangan Jawa. Dewi Naga Gini berwujud perempuan cantik yang bisa berubah menjadi naga saat marah.

“Naga Gini bisa berubah menjadi naga apabila timbul amarahnya. Perubahan wujud dari rupawan menjadi ular tentu dalam kondisi terancam,” jelas Darmoko, seorang ahli kebudayaan Jawa dari Universitas Indonesia pada bbc.com Jumat (28/9/2018).

Dalam mitologi wayang, Dewi Naga Gini adalah anak dari Batara Antaboga yang merupakan seorang dewa naga. Dia diperistri oleh Werkudara, salah seorang Pandawa.

Meski demikian, karakter Nagini dalam Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald nggak sepenuhnya merupakan gambaran dari Dewi Naga Gini, Millens.

Salah satu adegan yang menampilkan Nagini. (Warner Bros Pictures)

Karakter Nagini yang bersifat antagonis dalam film disebabkan oleh perintah Voldemort. Nagini menjadi alat untuk membunuh musuh-musuh Voldemort, termasuk Severus Snape. Hm, makanya dia menjadi karakter yang paling dibenci di film itu ya.

Fyi, Nagini terdefinisi merupakan seorang Maledictus, sosok manusia yang terkena “kutukan” darah sehingga bisa berubah menjadi binatang buas.

Nah, biar nggak penasaran dan cuma tebak-tebak buah manggis, mending tonton saja yuk kehadiran Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald pada November mendatang. (IB10/E05)