Naif, Purnama, dan Sam Poo Kong Semarang

Ada banyak cara untuk melewati Sabtu malam tanpa galau. Menonton acara musik adalah salah satunya. Apalagi kalau bintang tamunya band besar seperti Naif.

Naif, Purnama, dan Sam Poo Kong Semarang
Penampilan David Naif di Mechanical Stock (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Inibaru.id – Kawasan wisata Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah terlihat ramai pada Sabtu (28/4/18) malam. Salah satu kelenteng bersejarah di Kota Lunpia itu lebih meriah dari biasanya lantaran kehadiran Mechanical Stock (Mechstock) 2018. Ratusan penonton duduk tenang menikmati musik dari sejumlah band band pembuka sembari menunggu Naif manggung malam itu.

Digelar Himpunan Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro Semarang, Naif memang direncanakan bakal menjadi bintang tamu utama dalam acara bertajuk “Groovin’ the Agora” tersebut. Seru? Tentu saja! Keseruan itu bahkan sudah terlihat sejak band-band pembuka tampil.

Beberapa band pembuka yang cukup terkenal di kalangan anak muda Semarang turut mengisi panggung Mechstock 2018, di antaranya Sore Tenggelam, Jou Barakati, dan Olly Oxen.

Sore Tenggelam membuka acara dengan begitu apik. Dengan genre musik folk-nya yang begitu kentara, pelantun lagu "Jumat Pagi" dan "Koma" itu tampak berhasil membuat para penonton hanyut dalam suasana malam yang terlihat begitu hangat.

 

Penampilan Tius alias Sore Tenggelam (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Suasana semakin hangat dengan penampilan Jou Barakati. Mengusung aliran psychedelic rock, grup band yang terbentuk pada 2016 itu juga sukses membuat para penonton kian panas. Suasana itu bertambah panas dengan kehadiran grup band beraliran rock Olly Oxen.

Penonton yang semula duduk tenang di pinggir pun mulai merangsek ke depan panggung saat Olly Oxen tampil. Mereka mencari posisi terbaik untuk menyaksikan penampilan Mere dkk. Seru deh pokoknya!

Olly Oxen sukses membuat penonton berjingkrak (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Sekitar pukul 21.30 WIB, tamu utama yang paling ditunggu muncul juga. Naif, grup band beranggotakan David, Pepeng, Emil, dan Jarwo, tampil begitu energetik, membuat Sam Poo Kong semakin meriah. Kemeriahan itu kian terlihat dramatis dengan sorot bulan purnama yang bersinar tanpa penghalang.

Lagu Hit

Sejumlah lagu legendaris Naif langsung dibawakan band asal Jakarta yang berdiri pada 1995 tersebut. Dibuka dengan lagu Piknik 72”, penampilan Naif menuai decak kagum. Nggak berhenti di situ, band beraliran pop itu pun terus memanjakan penonton dengan membawakan lagu-lagu hit mereka lainnya.

Beberapa lagu yang mereka mainkan di antaranya “Karena Kamu Cuma Satu”, “Aku Rela”, “Air dan Api”, “Posesif”, dan “Benci untuk Mencinta”. Selain itu, pada kesempatan tersebut Naif juga menyanyikan lagu baru mereka yang berjudul “7 Bidadari”.

Jarwo, gitaris Naif yang tampil memukau (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Nggak cuma bernyanyi, Naif juga membagikan kurang lebih tujuh album baru mereka ke penonton. David melemparkan album dari atas panggung yang langsung disambut penonton. Mereka saling berebut. Para penonton yang beruntung mendapatkan album itu pun kemudian diberi kesempatan untuk bertemu langsung dengan Naif di belakang panggung. Wah!

Yang selalu seru dari setiap penampilan Naif adalah mereka nggak pernah mengonsep penampilan panggung mereka. Hampir nggak pernah Naif memiliki daftar lagu yang mau dinyanyikan. Mereka umumnya menerima rekues lagu dari penonton, termasuk pada acara Mechstock 2018. Benar-benar terasa betapa dekatnya Naif dengan para penontonnya.

Naif selalu behasil membuat penonton terkesima. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Penampilan Naif ditutup dengan lagu “Mobil Balap” dan swafoto bersama dari atas panggung. Nggak terasa empat belas lagu sudah mereka nyanyikan. Penonton terlihat menikmati sepanjang konser, tampak dari wajah mereka yang cerah meski baru saja berjingkrak mengikuti alunan lagu.

Hm, benar-benar keren, Millens. Di sela rutinitas masyarakat Kota Semarang yang melelahkan, sesekali menonton acara musik seperti ini bisa jadi penghibur juga. Kalau kamu, suka nonton konsernya siapa nih? (Mayang Istnaini/E03)