Menikmati Alunan Indah dalam Pentas Keroncong

Keroncong nggak hanya bisa dinikmati oleh kalangan orang tua. Musik yang sudah ada sejak zaman penjajahan itu juga asyik dinikmati oleh kalangan millenials lo.

Menikmati Alunan Indah dalam Pentas Keroncong
Salah satu penampilan dalam Pentas Keroncong. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Inibaru.id – Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Mulai dari adat, tarian, hingga musik. Salah satunya adalah musik keroncong.

Nah, belum lama ini saya menghadiri sebuah pertunjukan keroncong di Kota Semarang. Acara bertajuk Pentas Keroncong itu diselenggarakan di Gedung Ki Narto Sabdo, kawasan Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang Rabu (20/3).

Acara itu memang diadakan rutin setiap pekan pada hari Rabu. Hanya saja setiap pekan tempat penyelenggaraannya berbeda-beda.

Selain di TBRS, Pentas Keroncong biasanya diadakan bergiliran di Halaman RRI Semarang dan Taman Nada.

Nggak hanya soal tempat, pengisi acara Pentas Keroncong juga bergantian antar kelompok orkes keroncong dari Kota Semarang dan sekitarnya.

Penampilan dalam Pentas Keroncong. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Malam itu saya menyaksikan Pentas Keroncong yang ditampilkan oleh orkes keroncong Suara Permadani.

Selain saya, ada juga beberapa millenials yang ikut menikmati pertunjukan. Nggak terlalu banyak memang, namun dapat menjadi bukti bahwa keroncong masih diminati hingga ke generasi masa kini.

Sejumlah lagu dibawakan dengan apik dan syahdu oleh penyanyi-penyanyi dari orkes Suara Permadani. Sebut saja “Keroncong Tanah Airku”, “Ketaman Asmara”, “Biarlah Bulan Bicara”, dan “Banyu Langit”.

Pentas Keroncong juga membuka kesempatan bagi penonton yang pengin menyumbangkan suaranya, Millens.

Orkes Keroncong Suara Permadani. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Hm, sayang sekali saya nggak pandai bernyanyi. Meski begitu, menikmati pentas dari bangku penonton saja sudah sangat menyenangkan kok.

Tanpa terasa pertunjukan yang dimulai pukul 20.00 WIB itu akhirnya usai sekitar pukul 23.00 WIB. Wah, telinga saya benar-benar dimanjakan oleh alunan nada-nada indah malam itu.

Sepertinya pekan berikutnya saya akan kembali lagi untuk menonton Pentas Keroncong. Ada yang mau gabung? Kalau kamu mau tahu di mana tempat pertunjukannya minggu depan, kepoin saja akun instagram @disbudparkotasemarang. Yuk ah, ajak gebetan juga. (Mayang Istnaini/E05)