Mengenal Film Omnibus, Kumpulan Film Pendek Karya Para Sineas

Nggak hanya dalam cerpen atau novel, film pun ada bentuk antologinya lo. Film omnibus namanya.

Mengenal Film Omnibus, Kumpulan Film Pendek Karya Para Sineas
Rectoverso, salah satu film omnibus Indonesia. (Keana Production & Communication)

Inibaru.id – Kamu pernah mendengar istilah film omnibus nggak, Millens? Hm, kehadiran film omnibus memang masih asing sih di Indonesia.

Fyi, film omnibus adalah kumpulan dari beberapa film pendek dalam satu judul utama. Meski cerita masing-masing film berbeda, tapi semuanya punya benang merah yang sama. Semacam menonton sejumlah film dengan ragam cerita namun dalam alur yang seirama gitu deh.

Nggak hanya isi ceritanya saja yang beda, sutradara dan aktor kumpulan film omnibus juga bisa berbeda-beda. Tapi itu nggak jadi soal kok. Kamu tetap bisa menikmati film dengan nyaman.

Jakarta Maghrib, salah satu film omnibus di Indonesia. (Indie Pictures)

Tahu nggak, film omnibus merupakan salah satu genre film yang paling digandrungi di Hongkong dan Thailand lo.

Nah, di Indonesia meski belum terlalu terkenal tapi bukan berarti sama sekali nggak ada film omnibus buatan sineas lokal ya.

Melansir laman brilio.net (2/2/2018), film omnibus mulai dikembangkan oleh para pelaku film di Indonesia. Salah satu fokusnya adalah memajukan dunia perfilman dengan mengangkat film-film pendek karya sineas tanah air.

Salah satu adegan dalam film Perempuan Punya Cerita. (Kalyana Shira Film)

Nggak jarang cerita-cerita dalam film omnibus mengangkat isu yang out of the box. Pokoknya nggak pasaran deh. Film-film omnibus di Indonesia juga sering mendapat prestasi baik di kancah nasional maupun internasional lo.

Beberapa judul film omnibus Indonesia yang memiliki banyak penonton adalah Rectoverso, Perempuan Punya Cerita, dan Jakarta Maghrib.

Penasaran dengan film omnibus? Tunggu apa lagi, segera saja tonton deretan filmnya. Siap-siap movie marathon ya! (IB10/E05)