Hanung Siap Garap Bumi Manusia Juli Ini

Hanung Siap Garap Bumi Manusia Juli Ini
Para Pemeran Bumi Manusia (medcom.id)

Bumi Manusia merupakan buku pertama dari Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer. Telah diterbitkan ke dalam 43 bahasa, karya sastra Indonesia termasyhur itu akan segera bisa dinikmati di layar lebar.

Inibaru.id - Jangan ngaku pencinta buku jika nggak tahu soal Bumi Manusia karangan Pramoedya Ananta Toer. Terbit pertama kali pada 1980, novel Bumi Manusia merupakan jilid pertama dari serial Tetralogi Buru karya Pram yakni: Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca. Sempat menuai kontroversi dan bahkan sempat dilarang beredar di masanya, buku yang melegenda tersebut kini diadaptasi ke layar lebar.

Bumi Manusia, salah satu novel dari tetralogi Buru karya Pramodya Ananta Toer. (dewanty09blogspot.com)

Pihak Asing Ingin Membeli

Mengutip tirto.id (25/5/2018), adalah rumah produksi Falcon Pictures, yang beruntung mendapatkan kesempatan untuk menggarap film Bumi Manusia. Ya, pasalnya menurut Astuti Ananta Toer, putri ketiga Pram, sebelumnya ada berbagai pihak yang ingin membeli hak untuk mewujudkan novel tersebut ke dalam bentuk film, termasuk orang dari luar Indonesia. Meski pihak asing mau membeli dengan nilai bagus, namun Pram lebih membuka kesempatan untuk produser dari Tanah Air.

Sayang, berkali- kali kelanjutan proyek adaptasi Bumi Manusia di tangan produser Indonesia juga nggak kunjung terwujud. Hingga akhirnya kesempatan untuk menggarap Bumi Manusia diberikan kepada Falcon Pictures. Menggandeng Hanung Brahmantyo untuk duduk dikursi sutradara, Salman Aristo terpilih menjadi penulis skenario.

Dari kanan ke kiri; sutradara, produser, putri dan cucu Pram. (bintang.com)

Sedangkan untuk pemerannya, Hanung mempercayakan pemeran utama Minke kepada Iqbaal Ramadan, meski keputusan tersebut menuai kontroversi di media sosial. Selain Iqbaal, kamu bakal melihat beberapa pemeran lain seperti Mawar Eva Dejhong sebagai Annelies, dan Sha Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh. Ada pula Donny Damara dan Ayu Laksmi yang berperan menjadi orangtua Minke.

Sekadar diketahui, Pram menulis novel Bumi Manusia ketika dia mendekam di tahanan Pulau Buru. Menggunakan kertas bekas bungkusan semen, dia menulis kisah Bumi Manusia sebelum akhirnya dituliskan pada 1975.

Hanung dan para pemain Bumi Manusia. (Instagram @falconstudio)

Novel tersebut berkisah tentang perjuangan pribumi melawan hukum colonial yang bernama Minke. Dia adalah seorang pribumi berdarah priyayi yang menempuh pendidikan di sekolah HBS zaman kolonial Hindia Belanda. Dia lalu jatuh cinta kepada Annelies, perempuan blasteran Belanda - Jawa. Anak dari Nyai Ontosoroh dan Herman Mellema.

Rencananya, film Bumi Manusia akan mulai syuting pertengahan Juli 2018. Lokasi syutingnya berada di studio alam Gamplong di Yogyakarta, Semarang dan Belanda.  Wah, jadi penasaran nih sama filmnya.

So, apakah Millens termasuk salah satu yang menantikan film Bumi Manusia? (IB05/E05)