Melihat Potensi Wushu di Semarang, Ini Kata Chris John
Dua murid sedang mempertontonkan gerakan wushu saat "Wushu Show", Kamis (26/9) di Klenteng Sam Poo Kong. (Inibaru.id/ Audrian F)

Melihat Potensi Wushu di Semarang, Ini Kata Chris John

Masyarakat Kota Semarang patut berbangga karena nggak kekurangan atlet wushu. Melalui para atlet ini siapa tahu dapat ikut mengharumkan nama Indonesia.

Inibaru.id - Wushu menjadi salah satu seni bela diri yang sudah akrab di telinga. Terlebih saat pelaksanaan Asian Games 2018, cabang ini turut menyumbangkan emas bagi Indonesia. Nah, ngomong-ngomong soal wushu, seperti apa ya geliatnya di Kota Lumpia ini?

Kata Chris John, Ketua Wushu Semarang, perkembangan dan minat masyarakat Kota Semarang terhadap olahraga wushu cukup baik. “Dilihat dari banyaknya anak didik yang mengikuti wushu di masing-masing klub. Sasana yang digunakan untuk latihan pun juga ada,” jelasnya, Kamis (26/9) di Klenteng Sam Poo Kong.

O ya, ternyata Kota Semarang memiliki 11 klub wushu untuk pembinaan dan mencetak atlet, lo. Salah satu yang telah dikenal masyarakat adalah Klub Garuda Emas.

Dari segi prestasi pun, Chris John juga berkata kalau belakangan atlet wushu Semarang sudah banyak menorehkan prestasi.

Salah satu penampil memperlihatkan sebuah jurus dengan tangan kosong. (Inibaru.id/ Audrian F)

“Beberapa kejuaraan nasional yang diikuti Kota Semarang meraih hasil baik. Dari situ mungkin boleh dikatakan kalau Kota Semarang punya potensi bagus,” lanjut Chris John yang saat itu ditemui dalam acara Wushu Show.

Benar saja, Millens. Dalam Wushu Show itu terpampang jelas performa para atlet wushu. Penampil atraksi wushu berasal dari berbagai jenjang. Meski ada yang masih pemula, tapi banyak pula yang pernah berlaga di panggung kejuaraan nasional. Mereka saling unjuk gigi dengan menampilkan bermacam jurus wushu, mulai dengan tangan kosong hingga jurus-jurus menggunakan senjata pendek.

Melihat mereka semangat menunjukkan kemampuannya, yakin deh bakal lahir atlet-atlet baru di masa mendatang dari kota ini. (Audrian F/E05)