Mantan Manten: Menyoal Kaum Urban yang Tetap Teguh dengan Tradisi Budayanya

Dibintangi Atiqah Hasiholan dan Arifin Putra, Mantan Manten yang belum lama ini tayang di bioskop bisa menjadi film pilihan akhir pekan khususnya buatmu yang mau menikah atau gagal menikah.

<i>Mantan Manten</i>: Menyoal Kaum Urban yang Tetap Teguh dengan Tradisi Budayanya
Atiqa Hasiholan dan Arifin Putra didapuk sebagai pemeran utama dalam film Mantan Manten. (wowkeren)

Inibaru.id – Hidup di tengah kaum urban, berurusan dengan kehidupan yang jauh dari Indonesia, nyatanya nggak membuat akar budaya memudar. Mungkin, inilah yang ingin disampaikan Farishad Latjuba kala membesut Mantan Manten yang tayang di bioskop Tanah Air, 4 April 2019 lalu.

Dibintangi Atiqah Hasiholan, Arifin Putra, dan Tio Pakusadewo, film yang diproduksi Visinema Picture bersama JD.id dan Kaskus ini cocok untuk kamu tonton akhir pekan ini. Mm, itupun kalau masih tayang di bioskop! Ha-ha.

Mantan Manten mengangkat kisah Yasina (Atiqah), sosok perempuan cerdas yang memiliki ambisi besar dalam hidupnya. Sebagai seorang eksekutif muda, dia terbilang memiliki segalanya. Hidup dalam kemewahan, sang tunangan, Surya (Arifin), pun terlihat romantis dan baik.

Kehidupannya berubah saat rekan kerja Yasina, Iskandar (Tio), mengkhianatinya. Aset direnggut, dia pun bangkrut. Seorang teman mengingatkannya, bahwa dirinya masih punya satu vila di Tawangmangu, Jawa Tengah, yang luput dari penyitaan bank.

Namun, di sinilah babak baru dimulai. Untuk mendapatkan vila yang belum dibalik nama itu, Yasina harus menjadi asisten dukun manten ternama yang ada di sana. Kendati terpaksa, dia pun mengiyakan. Sebagai asisten, dia belajar segala ritual tata rias pengantin adat Jawa.

Kian pelik, hubungan percintaannya dengan Surya menemui kebuntuan lantaran konflik yang tak terselesaikan. Akhir cerita, ada kejutan yang sungguh mengharukan. Apa? Tentu nggak bisa disampaikan di sini.

Jadi, tonton sendiri ya! Yang pasti, film ini layak tonton untuk kamu yang sedang sendiri atau tengah menapaki jalan berumah tangga. Kisahnya asyik! Intinya, sejauh apapun kamu pergi dan setinggi apapun kamu terbang, peraduan akan selalu menjadi pengingatmu! Ha-ha.

Nggak perlu berlama-lama, deh! Selamat menyaksikan! (IB23/E03)