Biar Nggak Rusak, Begini Cara Merawat Kaset Pita, CD, dan Vinyl Kepunyaanmu!

Kamu punya vinyl, kaset pita, dan CD/DVD? Simak tips perawatan berikut ini, deh!

Biar Nggak Rusak, Begini Cara Merawat Kaset Pita, CD, dan Vinyl Kepunyaanmu!
Sejumlah vinyl koleksi Brury Prasetyo, salah seorang penggagas Lapak024. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Inibaru.id – Merawat rilisan fisik seperti vinyl, kaset pita, maupun CD/DVD memang gampang-gampang susah. Buat kamu yang baru saja memulai mengoleksi rilisan fisik, barangkali kamu sempat kebingungan untuk melakukan perawatan yang tepat. Nah, coba deh, simak tips dari Brury Prasetyo, salah satu penggagas komunitas Lapak024 Semarang.

Vinyl

Vinyl. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Menurut Brury, vinyl adalah rilisan fisik yang paling awet bahkan dalam kondisi ekstrem sekali pun. Memajang vinyl secara langsung di dinding tanpa menggunakan cover khusus juga nggak bakal merusak vinyl, lo. Vinyl hanya akan rusak ketika ada cacat berupa baretan pada vinyl, khususnya itu tergores benda tajam. Ketika kerusakan itu terjadi, player nggak bisa memutar dengan baik.

“Jarumnya bakal loncat,” ujarnya.

Nah, kalau vinyl berdebu atau berjamur, kamu tinggal mencucinya. Pakai spoon yang lembut, tambahkan sabun cuci piring cair, lalu cuci hingga jamur menghilang.

Kaset Pita

Agar kaset pitamu nggak rawan berjamur, jauhkan kasetmu dari tempat yang lembap. Kamu juga bisa menambahkan silica gel di sudut rak agar lebih aman. By the way, memutar ulang kasetmu a.k.a. rewind juga bisa membantu menjaga kaset agar nggak berdebu dan berjamur.

Kalau sudah terlanjur berjamur, beri sumpalan kapas atau tisu muka. Kemudian, putar pita kaset agar kotoran menempel pada kapas.

“Kalau parah sekali, kita buka, lalu rendam di air hangat kuku. Tapi ada jenis pita yang rontok karena usia,” ujar Brury.

Oya, sedangkan kalau suaranya berat, masukkan vinylmu ke dalam freezer seharian. Ini cara praktis untuk “memperbaiki” kasetmu!

CD/DVD

CD/DVD. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Sama seperti kaset pita, kamu perlu menjauhkan CD/DVD dari tempat lembab. Kamu boleh memegang CD/DVD asalkan tanganmu bersih, ya! Kalau CD/DVD milikmu sudah kotor, bersihkan dengan pembersih khusus. Atau, kamu bisa jyga memakai minyak kayu putih.

Well, sudah paham kan cara merawat rilisan fisik milikmu? (Ayu S Irawati/E03)