Kamu Foodie? Lima Film Kuliner Ini Bisa Menggugah Seleramu

Kreativitas sineas di dunia emang nggak ada habisnya. Mereka mampu mengeksplorasi kuliner dan mengangkatnya jadi cerita menarik di dalam film. Tradisi dan realita sosial jadi bonus pengetahuan jika nonton film kuliner. Lalu, film-film apa saja, ya, yang bisa kamu tonton?

Kamu Foodie? Lima Film Kuliner Ini Bisa Menggugah Seleramu
Julie, penulis muda yang jago memasak dalam film "Julie and Julia". (knopfdoubleday.com)

Inibaru.id - Cerita pada film biasanya berfokus pada tokoh utama. Namun, dalam film kuliner, makananlah yang jadi bintang utama. Para tokoh harus berbagi panggung dengan makanan-makanan lezat yang menggugah selera. Nah, kalau kamu tertarik dengan genre ini, yuk, simak ulasan berikut.

1. The Lunchbox (2013)

Ila (Nimrat Kaur), seorang juru masak, secara nggak sengaja mengirim kotak makan siang ke Saajan (Irrfan Khan). Saajan sangat menyukai makanan tersebut dan memutuskan untuk mengirim kembali kotak Ila beserta sebuah surat. Meskipun nggak pernah bertemu, makanan dan surat mendekatkan keduanya. Melalui film ini, kamu bisa mengintip kultur makan di India beserta menu makan siang yang biasa mereka santap.

 

Kotak makan Ila jadi penyelamat bagi Saajan yang selalu sibuk di kantor. (variety.com)

2. Julie and Julia (2009)

Tokoh Julia Child yang diangkat dari kisah nyata merupakan legenda bagi kalangan ibu-ibu rumah tangga. Film ini menceritakan dua masa berbeda. Antara Julia Child di dekade 1950-an, dan masa Julie Powell, si penulis muda, di tahun 2000-an. Well, pastinya kamu bisa melihat bagaimana perbedaan masa dan juru masak bisa mempengaruhi ciri khas suatu hidangan.

Julia Child jago membuat masakan khas rumahan. (time.com)

3. Tabula Rasa (2014)

Hans hampir kehilangan semangat hidupnya karena cita-cita menjadi pesepakbola profesional nggak kunjung tercapai. Namun, pemuda asal Serui, Papua ini bertemu dengan Mak (Dewi Irawan), seorang pemilik rumah makan Minang sederhana. Latar belakang yang berbeda nggak membuat mereka berjarak, mereka bisa saling menguatkan.

Beberapa scene menampilkan proses pembuatan masakan Minang. Hans dan Mak menemukan persamaan, mimpi dan semangat hidup lewat makanan.

https://image.tmdb.org/t/p/w1280/jX9AbpDJsdrLNwyqHWqdjyCK9JF.jpg

Mak sedang mengajari Hans memasak. (danielfaria.org)

4. Jiro Dreams of Sushi (2009)

Buat para pecinta sushi, nggak lengkap kalau belum tahu kisah Jiro Ono, legenda dalam dunia sushi yang sulit ditandingi. Restoran sederhana miliknya, Sukiyabashi Jiro, mendapat 3 bintang Michelin.

Di film dokumenter buatan David Gelb ini, penonton bisa tahu kecintaan dan dedikasi Jiro pada sushi. Berbagai jenis sushi yang dibuat secara langsung dalam film ini, lo. Selain didukung pengambilan gambar close up yang memanjakan mata, film ini dikemas dengan narasi yang apik. 

Salah satu nigiri buatan Jiro. (cultprojections.com)

5. Aruna dan Lidahnya (2018)

Film ini menceritakan perjalanan Aruna Rai (Dian Sastrowardoyo), seorang ahli wabah atau ahli epidemologi yang mendapat tugas menyelidiki kasus flu burung di beberapa tempat di Indonesia. Dia pun pergi ditemani Bono (Nicholas Saputra), Nad (Hannah Al Rashid) dan Farish (Oka Antara). Aruna dan teman-temannya bertualang kuliner di Surabaya, Pamekasan, Pontianak, Singkawang dan Jakarta.

Wah, makin penasaran makanan apa saja yang dikenalkan, ya? Nggak cuma makan, mereka belajar banyak tentang realitas sosial di daerah-daerah tersebut. Sembari berbincang dan menyantap kuliner, mereka bertukar kisah hidup hingga curhat tentang masalah khas umur 30-an.

Para tokoh juga mendeskripsikan keunikan, bahan, hingga kelezatan setiap hidangan. (medcom.id)

Sudah siap menonton film-film di atas sobat Millens? Jangan lupa sedia makanan atau cemilan ya, dijamin kamu jadi lapar ketika menonton film-film kuliner ini. (MG13/E05)