Lima Alasan Film Roma Layak Kamu Tonton di Sela-Sela Kesibukan

Lima Alasan Film <em>Roma</em> Layak Kamu Tonton di Sela-Sela Kesibukan
Salah satu adegan dalam film "Roma". (Ideasdebabel)

Memenangi sejumlah penghargaan, film Roma sangat layak untuk ditonton. Berikut alasan agar kamu menonton film yang baru saja menggondol Piala Oscar sebagai kategori Film Berbahasa Asing Terbaik ini.

Inibaru.id - Sejak tayang perdana pada 30 Agustus 2018 di Venice Film Festival ditambah tayang resmi di Netflix pada 14 Desember 2018, film Roma ramai diulas kritikus film. Ada beberapa yang mengomentari kekurangannya, tapi pujian untuk film berbahasa Spanyol ala Meksiko ini jauh lebih banyak.

Di ajang Academy Award 2019, meski belum bisa membawa pulang piala untuk kategori Film Terbaik, Roma dinobatkan sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik. Selain kategori tersebut, film bergenre drama yang disajikan hitam putih itu juga membawa pulang Piala Oscar kategori Sutradara Terbaik dan Sinematografi Terbaik.

Sebelum Oscar, film ini pernah didapuk menjadi Film Berbahasa Asing Terbaik dalam Golden
Globes 2019. Jika kamu tipe penonton yang kudu nunggu ulasan dari para kritikus atau skor dari majalah film, ada baiknya simak ulasan berikut ini.

Salah satu adegan dalam Roma. (Somosvoz)

Menurut para pengamat film seperti ditulis Idntimes.com (8/1/2019), setidaknya ada lima hal penting yang jadi daya tarik film ini. Berikut ulasannya.

Karena Film Hitam Putih, Kamu Bakal Fokus pada Cerita Ketimbang Properti

Jangan membayangkan film hitam putih ini memberikan kesan zadul dan membosankan. Sang sutradara, Alfonso Cuaron begitu ciamik mengemas film Roma dengan teknik sinematografi berstandar tinggi, Millens.

Jadi, urusan gambar film, nggak ada masalah. Kamu justru bisa khusyuk memperhatikan jalan cerita, ekspresi, dan dialog para aktornya.

Akhir yang Nggak Gampang Ditebak

Kamu nggak akan bisa menebak arah jalan cerita hanya dengan melihat sinopsis dan cuplikan filmnya. Banyak hal yang nggak disangka-sangka, termasuk detail-detail adegan dan percakapannya.

Menikmati Bahasa Spanyol dan Keragaman Negara Meksiko

Banyak orang tertarik dengan film ini dengan alasan ingin mendengar Bahasa
Spanyol ala Meksiko. Dengan menontonnya, kamu juga bisa belajar bahasanya, Millens. Nggak hanya itu, keragaman etnis dan budaya di Meksiko sungguh memikat hati penonton.

Film dengan Cerita yang Unik dan Kaya Makna

Film dengan durasi 135 menit ini jelas teruntuk kalangan dewasa karena nggak dimungkiri ada beberapa adegan yang menampilkan konten eksplisit dan bahasa umpatan. Namun, lepas dari itu, film ini sarat makna dan menunjukkan realita kehidupan yang pahit secara apa adanya.

Isu Kesenjangan Sosial dan Feminisme Ada di Sini

Pemeran utama film ini adalah perempuan. Itu artinya ada etikat pembuatnya untuk mengangkat isu
feminisme, kan? Nggak hanya itu, isu kesenjangan sosial dan ekonomi juga ditunjukkan dengan cara
yang cukup apik dan rapi.

Adegan dalam Roma. (Beyazperde)

Begitulah sedikit gambaran tentang film Roma. Nggak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk
menikmati film yang kata para krtikus sebagai film paling artistik tahun ini. (IB20/E04)