Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Oscar 2020

<em>Kucumbu Tubuh Indahku</em> Wakili Indonesia di Oscar 2020
Salah satu adegan di film Kucumbu Tubuh Indahku. (Fourcolours)

Film Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho resmi mewakili Indonesia di ajang Oscar 2020. Komite Seleksi Film Indonesia (KSFI) memiliki sejumlah pertimbangan hingga akhirnya memilih film ini.

Inibaru.id – Film Kucumbu Tubuh Indahku akhirnya didapuk untuk mewakili Indonesia di ajang Academy Awards  atau Oscar 2020. Komite Seleksi Film Indonesia (KSFI) memutuskan memilih film garapan Garin Nugroho ini untuk maju di kategori International Feature Film yang sebelumnya bernama Best Foreign Language Film.

Film ini mengalahkan 42 film lain yang ditayangkan di bioskop Tanah Air dalam setahun terakhir. Garin pun mengapresiasi keputusan KSFI tersebut.

“Terima kasih. Film ini menjadi kedua yang jadi wakil Indonesia di ajang Oscar setelah Daun di Atas Bantal,” ucapnya dilansir laman Kompas, Selasa (17/9/2019).

Garin juga menyebut KSFI mengambil keputusan yang sangat berani dengan memilih Kucumbu Tubuh Indahku. Hal ini mengingat banyaknya masyarakat yang kontra dengan film yang berkisah tentang Lengger Lanang itu.

“Keputusan ini sangat berani karena tema filmnya kan sensitif. Tapi sebenarnya film ini bisa dijadikan ruang diskusi soal keberagaman budaya,” katanya.

Sementara itu, Ketua KSFI Christine Hakim mengungkap alasan mengapa pihaknya memilih Kucumbu Tubuh Indahku sebagai wakil Indonesia di ajang Oscar.

“Kami sepakat memilih film ini karena menganggapnya sebagai karya yang lengkap. Film ini digambarkan nggak seperti film-film pada umumnya. Tak hanya bahasa lisan, kita bisa melihat bahasa batin dan rasa di film ini. Selain itu, ada idiom-idiom khas Indonesia. Film ini juga memiliki pesan yang kuat dan bisa memperkenalkan budaya kita,” jelas Christine.

Sebagai informasi, anggota KSFI dipilih Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI). PPFI sudah ditunjuk panitia Academy Awards untuk memutuskan satu film yang akan menjadi wakil Indonesia di ajang film paling bergengsi di seluruh dunia ini. Selain Christine Hakim yang menjadi ketua, beberapa sineas terkemuka seperti Sheila Timothy, Reza Rahadian, Lola Amaria, Mathias Muchus, Roy Lolang, Adisurya Abdy, Fauzan Zidny, Benny Benke, Alim Sudio, Thoersi Argeswara, dan Firman Bintang juga dijadikan anggota.

Wah, semoga pilihan ini tepat, ya! Semoga kali ini wakil Indonesia bisa tembus ke nominasi kategori. (IB09/E04)