Kucingan Musik Malam Purnama, Panggung Musik untuk Wadahi Musikus Lokal Semarang

Semarang punya panggung musik berkonsep unik dengan nama "Kucingan Musik Malam Purnama".

Kucingan Musik Malam Purnama, Panggung Musik untuk Wadahi Musikus Lokal Semarang
Kucingan Musik Malam Purnama. (Inibaru.id/ Audrian F)

Inibaru.id- Di Kota Semarang Semarang ini ternyata memiliki sebuah gelaran panggung musik yang dilakasanakan pada setiap bulan. Pagelaran itu bernama “Kucingan Musik Malam Purnama”. Dengan dikelola oleh sejumlah musisi senior Kota Semarang serta atas dukungan dari Semarang Sound System Community (S3C), acara tersebut menyediakan panggung bagi musikus lokal.

Kucingan Musik Malam Purnama kali pertama terbentuk pada tahun 2015. “Kucingan” dalam hal ini memang diambil dari nama sebutan warung kecil yang biasa disinggahi masyarakat. Orang-orang juga biasa menyebutnya dengan “angkringan” atau “hik” kalau di Kota Solo.

Hendrar Prihadi mendukung penuh Kucingan Musik Mlam Purnama. (Inibaru.id/ Audrian F)

“Kucingan kami angkat sebagai nama karena agar lebih dekat dengan semua kalangan,” ujar Hari Djoko Santoso selain Pembina Kucingan Musik Malam Purnama, dia juga bagian dari Komite Musik Dewan Kesenian Kota Semarang (Dekase).

Tujuan didirikannya panggung Kucingan Musik Malam Purnama ini selain untuk lahan bermusik musikus Kota Semarang juga nggak lain untuk lebih mengakrabkan silaturahmi antarmusikus. Di acara “Rock Pitoelasan” yang diselenggarakan di Rumah Dinas Wali Kota Semarang pada Jumat (2/8) malam, juga bagian dari agenda Kucingan Musik Malam Purnama.

Terhitung sejauh ini sudah 22 kali Kucingan Musik Malam Purnama menggelar caranya. Meskipun pada malam itu hanya musik rock saja yang ditembangkan, namun sebetulnya jenis musik yang dimainkan di Kucingan Musik Malam Purnama nggak hanya itu.

Hari Djoko juga menambahkan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Semarang karena telah memberi dukungan setelah sebelumnya sulit mencari tempat untuk menggelar acara.

“Saya mengapresiasi pemerintah Kota Semarang khususnya Pak Hendi (Wali Kota Semarang), karena telah menyediakan tempat dan mendukung kegiatan kami,” ucapnya.

Makanan khas "angkringan" selalu hadir di setiap acara Kucingan Musik Malam Purnama. (Inibaru.id/ Audrian F)

Sesuai namanya, jika Kucingan Musik Malam Purnama ini mengadakan acara, akan ada juga stand khusus yang berisi makanan-makanan kecil, nasi dan wedang selayaknya kucingan pada umumnya.

“Selain menikmati musik, semua orang yang hadir pada acara ini bisa sambil menikmati makanan kucingan,” tandas Hari Djoko.

Cukup unik juga ya, Millens, konsep acara seperti ini. Kamu sendiri sudah pernah datang di Kucingan Musik Malam Purnama? Atau malah belum tahu kalau ada acara seperti ini di Kota Semarang? (Audrian F/E05)