Kota Semarang Kembali Jadi Tuan Rumah Gelaran Balapan Motor Terbesar di Asia

Kota Semarang Kembali Jadi Tuan Rumah Gelaran Balapan Motor Terbesar di Asia
Pelepasan konvoi Rolling Thunder sekaligus mempromosikan Asian Motorcross Grand Prix (MXGP) 2019. (Inibaru.id/ Audrian F)

Setelah tahun 2018 lalu menjadi tuan rumah, pada tahun ini Kota Semarang kembali ditunjuk sebagai penyelenggara ajang balap motor terkemuka di Asia tersebut.

Inibaru.id - Ajang balap motor internasional, Asian Motorcross Grand Prix (MXGP) seri ke-12 akan dimulai. Kota Semarang akan menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya setelah pada tahun 2018 lalu menjadi venue perhelatan balap motor bergengsi tingkat asia tersebut.

MXGP akan berlangsung selama tanggal 12-14 Juli 2019. Nantinya, even tahunan ini bakal diikuti oleh 41 pembalap dari 18 negara. Juara Dunia MXGP 2018 Jeffrey Herlings pun akan ambil bagian setelah sembuh dari cidera. Wah!

Sebelum memasuki penyelenggaraan yang sesungguhnya, MXGP 2019 dibuka dengan sebuah acara bertajuk Rolling Thunder yang melewati beberapa jalan di Kota Semarang, sekaligus untuk promosi kepada masyarakat.

Pembukaan tersebut dilaksanakan di Halaman Balai Kota Semarang, Jumat (12/7) pagi. Sekitar 200 kendaraan dari berbagai komunitas otomotif mengikuti Rolling Thunder tersebut.

Adapun komunitas yang menguikuti antara lain Komunitas Pajero Indonesia One Chapter Semarang Raya, 24 Jeep Indonesia Off-Road Federation (IOF), 12 motor komunitas Semarang XMAX Community (SEXY), serta 154 motor trail komunitas Mtrex dan RBCT.

Sejumlah pejabat bersama perwakilan dari MXGP berfoto bersama sebelum memulai Rolling Thunder. (Inibaru.id/Audrian F)

Sementara rute yang dilewati; Jl Pemuda- Jl. Pandanaran - Simpang Lima - Jl. Pahlawan - Jl. Veteran - Simpang Kariadi - Kaligarang - Sam Poo Kong - Pamularsih - Kalibanteng - putar ke arah Karangayu (Jl. Jendral Sudirman) - Jl. Sugiyopranoto - Tugu Muda - Jl. Sugiyopranoto - Jl. Jenderal Sudirman - Kalibanteng - Jl. Siliwangi- Jl. Prof Hamka Ngaliyan, dan berakhir di Sirkuit MXGP Semarang BSB City Mijen sebagai venue utama kegiatan.

Pj Sekda Kota Semarang Trijoto Sardjoko, saat melepas konvoi Rolling Thunder mengatakan kalau dia, mewakili Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berharap besar kepada masyarakat. “Ini sudah menjadi tahun kedua diselenggarakannya ajang balap motor ini. Kami harap masyarakat sudah semakin mengerti dan semakin meramaikannya,” pungkasnya.

Berkaitan dengan penyelenggaraan Asian Motorcross Grand Prix (MXGP), Hendrar Prihadi seperti yang dikutip dari Tribunnews.com, menyatakan bahwa ini merupakan bagian penting untuk menarik wisatwan ke Semarang.

"MXGP Of Asia juga menjadi rangkain peak season event Kota Semarang untuk menarik wisatawan. Di awal bulan ada Rakernas APEKSI, tengah bulan ada MXGP, akhir bulan ada Asean School Games dan Asean Festival," paparnya.

Even tersebut akan dilaksanakan di BSB City, Mijen, Semarang. Nah, kalau kamu mau menyaksikan MXGP, kamu cuma perlu membeli tiketnya seharga Rp 25 ribu. Punya kocek lebih? Boleh lo beli yang VIP. Harganya Rp 1 juta. Keistimewaannya, kamu bisa berkunjung ke paddock pembalap. Seru kan?

Pasti balapan motor tersebut akan berlangsung menarik ya, Millens. Yuk, saksikan Asian Motorcross Grand Prix (MXGP), hanya di Kota Semarang. (Audrian F/E05)