Kamu Wajib Tahu, Khasiat Rempah-Rempah Ini Menakjubkan

Kamu Wajib Tahu, Khasiat Rempah-Rempah Ini Menakjubkan
Riza Amala menerangkan banyak hal perihal rempah-rempah. (Inibaru.id/ Audrian F)

Indonesia kaya akan berbagai rempah. Sayangnya, nggak semua orang teredukasi dan memahami apa manfaat rempah-rempah tersebut.

Inibaru.id - Barangkali saya termasuk orang yang abai pada hal-hal kecil seperti rempah-rempah. Jadi nggak heran kalau saya nggak paham manfaatnya. Seperti yang diucapkan Riza Amala dari Javara Culture. Pada acara "Eksplo Rasa yang dilaksanakan pada Selasa (17/9) sore di Javara Culture Cafe, dia mengungkap kalau masyarakat masih belum sadar akan kekayaan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia. Mereka lebih terbuai dengan yang instan atau produk luar negeri. 

Dia berpendapat, kurangnya edukasi dan wawasan tentang rempah-rempah membuat masyarakat nggak bangga. Pola pikir instan yang kadung mengakar memang harus sedikit digeser sedikit-demi sedikit supaya nggak menurun ke anak-cucu.

Kemudian Riza memaparkan kalau dia menemukan khasiat dari rempah-rempah yang nggak disadari oleh orang lain. “Saya lebih menyukai cara herbal seperti menggunakan rempah-rempah hasil alam ini. Memang tidak mengobati secara cepat tapi lebih jauh dari itu, justru malah mencegah timbulnya penyakit apa pun,” ucapnya.

Kira-kira apa saja ya?

Temulawak dan Kunyit

Temulawak dan kunyit memiliki bentuk dan manfaat yang hampir sama. Selain bisa juga digunakan sebagai bumbu dapur, temulawak dan kunyit banyak juga dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Riza Amala menuturkan kalau kedua jenis rempah tersebut mudah untuk ditanam dan dirawat.

Baca juga: Eksplo Rasa Ajak Masyarakat untuk Lebih Kenal Rempah-Rempah Asli Indonesia

Riza menemukan khasiat lain dari temulawak dan kunyit, “Keduanya bisa digunakan untuk mengobati bengkak-bengkak. Kalau badan pegel bisa direbus lalu diminum untuk antiinflamasi dan manfaatnya yang lain bisa digunakan untuk pengusir nyamuk,” ujarnya.

Beberapa rempah-rempah memiliki khasiat tersembunyi. (Inibaru.id/ Audrian F)

Bunga Telang

Bunga telang memang bukan jenis rempah-rempah, tapi lebih ke jenis “bunga-bungaan”. Namun meskipun begitu juga memiliki manfaat. Riza menemukan khasiat yang lain bedasarkan pengalamannya bersama neneknya.

“Zaman nenek saya dulu dipakai untuk bersihin mata. Saya sudah cukup familiar tapi orang-orang belum tahu. Kemudian belakangan juga ditemukan kalau bunga telang itu bisa untuk diminum,” jelasnya.

Rempah-rempah Bandrek

Bandrek merupakan nama minuman yang bahan bakunya terdiri atas jahe, gula aren, daun pandan, kayu manis, garam, dan cengkeh yang direbus secara bersamaan. Biasanya setelah itu bandrek dicampur dengan susu agar rasanya lebih nikmat. Nah, ternyata selain jadi wedang. Rempah-rempah bahan baku bandrek bisa digunakan untuk membuat gulai ayam atau ayam ungkep.

Bandrek bisa digunakan juga untuk membuat gulai ayam. Di Javara Culture Cafe pun kami sudah menghadirkan produknya,” tandas Riza.

Jadi seperti itulah, khasiat dari rempah–rempah yang mungkin belum banyak diketahui. Catat ya, Millens! (Audrian F/E05)