Jawa Tengah Science Center Gelar Lomba Doodle dan Fotografi, Cek Jadwalnya

Jawa Tengah Science Center Gelar Lomba Doodle dan Fotografi, Cek Jadwalnya
Poster lomba doodle. (Instagram/ Grandmaerakaca)

Jawa Tengah Science Center bekerja sama dengan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) menggelar Doodle Art Science Contest dan Photography Contestbagi pelajar SD danSMP. Selain untuk mengisi kegiatan selama siswa belajar di rumah, kontes ini juga bertujuan untuk mempopulerkan science center Jawa Tengah.  

Inibaru.id – Agar tetap hadir dan memberi manfaat untuk masyarakat di tengah pandemi, Jawa Tengah Science Center (JCC) menggelar Doodle Art Science Contest dan Photography Contest bagi pelajar se-Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara JSC dengan  Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK).

Doodle Art Science Contest Me vs Covid yang dapat diikuti oleh siswa kelas 4-6 SD bersama orang tuanya. Tema ini bertujuan untuk menanggapi situasi pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) melalui gambar doodle. Dalam hal ini, orang tua peserta bertugas mendampingi, mengarahkan dan mendokumentasikan sehingga akan tercipta kebersamaan antara keduanya.

Poster lomba fotografi. (Instagram/ Grandmaerakaca)
Poster lomba fotografi. (Instagram/ Grandmaerakaca)

Sedangkan Photograpy contest dapat diikuti oleh siswa SMP dengan tema Scince Behind Food yang menunjukkan fenomena sains di balik apa yang ada di sekitar kehidupan manusia sehari-hari. Uniknya, untuk lomba satu ini peserta nggak perlu keluar rumah karena objek diambil dari makanan atau minuman yang tersedia di rumah. Pengambilan gambarnya pun menggunakan kamera ponsel lo.

Kedua kontes tersebut bakal dinilai oleh para juri dari berbagai universitas ternama dan lembaga berdasarkan kesesuaian tema, keunikan ide, dan lain-lain. Untuk pendaftaran, kamu bisa mengakses https://bit.ly/doodleartjsc.

Upaya Agar JSC Dikenal Luas

Selain untuk mengisi kegiatan anak selama belajar di rumah, kegiatan ini juga merupakan usaha JSC dan PP IPTEK untuk tetap hadir di masyarakat meski di tengah pandemi. Hal ini seperti apa yang disampaikan oleh project officer JSC, Nikolas Darmawan dalam sosialisasi dan publikasi doodle science art and photography contest secara daring pada Selasa (30/6).

“Dalam tiga bulan ini tidak dikunjungi oleh mereka, maka kami hadir untuk mereka dengan kegiatan daring ini melalui agenda doodle dan fotografi,” ujar Niko.

Salah satu display di Jateng Science Center. (Semarangpedia.com)
Salah satu display di Jateng Science Center. (Semarangpedia.com)

Menurutnya, kontes ini juga bertujuan untuk mengisi kegiatan siswa selama di rumah agar terhindar dari kebosanan.

Di sisi lain, Syachrial Annas Direktur PP IPTEK mengatakan bahwa JSC menjadi salah satu science center yang bersedia menjadi penyelenggara kontes ini di tingkat regional. Selanjutnya kontes ini bakal berjenjang ke tingkat nasional hingga internasional.

Menurut Syachrial, bergabungnya JSC ini juga merupakan salah satu usaha untuk memopulerkan science center kepada masyarakat. Dia berharap kontes ini juga sebagai salah satu kontribusi JSC dalam upaya mendukung pembelajaran daring selama pandemi.

“Harapannya keberadaan science center benar-benar ada manfaat untuk masyarakat. Meski ada pandemi, science center tidak akan berhenti berkarya,” ungkap Syachrial.

Kamu tertarik? Yuk cek jadwalnya:

6 - 13 Juli 2020 Pendaftaran di google form https://bit.ly/doodleartjsc

14 - 16 Juli 2020 Mengunggah gambar dan video

17 - 20 Juli 2020 Proses Penilaian

21 Juli 2020 Pengumuman Pemenang

Semoga menang ya, Millens! (Zulfa Anisah/E05)