Ingin masuk ke dalam 100 Calender of Events Nasional? Penuhi dulu Syarat-syarat Berikut ini

Ingin masuk ke dalam 100 Calender of Events Nasional? Penuhi dulu Syarat-syarat Berikut ini
M. Noer Sadono menyampaikan sambutan di acara Festival Cheng Ho. (Inibaru.id/ Audrian F)

Menjadi 100 Calender of Event nasional bukanlah hal yang mudah. Di antaranya harus memenuhi persyaratan 5C. Apa sajakah itu?

Inibaru.id - Festival Cheng Ho sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata menjadi 100 atraksi wisata terbaik yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Dalam hal ini terangkum dalam 100 Calendar of Events 2019.

Noer Sadono selaku staff Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam sambutannya di Festival Cheng Ho yang berlokasi di Kelenteng Sam Poo Kong pada Minggu (4/8) pagi menyampaikan poin-poin apa saja yang dijadikan syarat agar bisa menjadi 100 atraksi wisata terbaik tersebut.

Dia menyampaikan syarat untuk bisa masuk ke dalam Calender of Events terdiri dari 5C, yang di antaranya adalah:

Creative Value

Jika ingin masuk ke dalam 100 Calender of Events, acara yang dilaksanakan kreatif dan bisa menarik wisatawan khususnya wisatawan mancanegara.

Comersial Value

Selain tempat wisata namun bisa juga menghidupkan perekonomian masyarakat serta bisa memiliki nilai pengiklanan yang baik.

Festival Cheng Ho sudah menjadi 100 Calender of Events 2019. (Inibaru.id/ Audrian F)

Communication Value

Aspek yang satu ini juga bisa dibilang paling penting karena akan menyangkut prasarana dari tempat wisata tersebut. Antara lain jika ingin menjadi salah satu even nasional, tempat penyelenggaraannya harus Instagramable untuk berfoto-foto pengunjung. Selain itu juga bisa membuat media tertarik.

Constent Value

Kemudian jika ingin menjadi salah sau even nasional, aspek yang wajib dipenuhi adalah harus konsisten. Nggak boleh berhenti dan selalu terselenggara dari tahu ke tahun.

CEO Commitement

Dalam hal ini, nggak cuma pemilik even. Namun Pemerintah serta masyarakat kota harus ikut andil agar acara tersebut bisa terus berjalan dengan cukup meriah dari tahu ke tahun.

Nah, jadi itu adalah poin-poin yang harus dipenuhi agar masuk ke dalam 100 atraksi wisata terbaik. Tentu penjurian pun juga akan dilakukan oleh orang-orang berkompeten dari Kementerian Pariwisata.

Dilansir dari CNN, 100 Calendar of Events ini merupakan prakarsa dari Presiden Indonesia Joko Widodo. Jokowi ingin Indonesia memiliki even yang berkualitas dan berstandar nasional agar menarik perhatian wisatwan dunia.

Jadi seperti itu, Millens. Acara di daerah asalmu ingin menjadi salah satu 100 even wisata terbaik nasional? Penuhi kelima aspek itu dulu ya. (Audrian F/E05)