Hadirkan Virzha dan Kikan Eks Cokelat, Pembukaan Asean Schools Games Pecah!

Hadirkan Virzha dan Kikan Eks Cokelat, Pembukaan Asean Schools Games Pecah!
Pembukaan Asean Schools Games (ASG) 2019. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kemeriahan tercipta pada acara pembukaan Asean Schools Games (ASG). Sejumlah bintang ternama dan berbagai tarian turut mengisi acara.

Inibaru.id - Ajang perlombaan antaratlet pelajar se-Asia Tenggara yakni Asean Schools Games (ASG) XI 2019 telah resmi dibuka. Pembukaan yang dilaksanakan di Holy Stadium, Terang Bangsa, Kota Semarang tersebut berlangsung meriah.

Namun acara tersebut nggak dibuka untuk umum karena terbatasnya tempat. Tercatat ada 4.000 orang pelajar di Kota Semarang, 1600 orang atlet dan official sebagai peserta, 200 orang delegasi dari negara ASEAN, serta tamu undangan lainnya, seperti dari pemerintah pusat, gubernur, Forkopimda, jajaran SKPD provinsi maupun kabupaten/kota, bupati/wali kota, dan lainnya.

Dimeriahkan juga oleh musis lokal Semarang, Kunto. (Inibaru.id/ Audrian F)

ASG dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi dengan simbolik pemberian obor.

Awalnya acara dibuka oleh Clarissa, seorang penyanyi cilik penyandang tuna netra yang sempat viral karena bertemu Ganjar Pranowo. Clarissa membawakan lagu milik Anggun C. Sasmi yang berjudul "Mimpi".

Kemudian dilanjutkan musisi lokal Semarang, Kunto, yang membawakan lagu "Kibarkan Kebanggaan". Lalu bersambung ke paduan suara dari Universitas Diponegoro.

Holy Stadium makin bersorak lantaran tampilnya musikus ternama di tanah air yaitu Virzha. Dia membawakan sejumlah lagu beserta tembang favoritnya Tentang Rindu. Praktis seisi Holy Stadium yang dipenuhi orang Indonesia pun menggema karena menyanyi bersama. Warga negara asing pun ikut bersenandung meski nggak paham bahasa Indonesia. Salut!

Ditambah lagi ketika Virzha meminta para hadirin untuk melambaikan tangan beserta lighting gawainya masing-masing. Jadi makin syahdu saja Holy Stadium.

Virzha menjadi daya tarik lebih dalam pembukaan ASG 2019. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kemeriaahan nggak cuma itu. Ganjar Pranowo dan Imam Nahrowi datang ke gedung perhelatan acara melalui cara yang unik.

Yakni dengan menggunakan video mapping yang menunjukkan Ganjar akan mengelilingi Jawa Tengah. Kemudian disusul juga oleh Imam Nahrawi. Setelah video selesai, Ganjar dan Imam Nahrowi tiba dengan pakaian yang mereka kenakan di video tersebut. Hampir mirip pembukan Asean Games yang diselenggarakan di Palembang dan Jakarta pada beberapa waktu yang lalu.

Seterusnya, acara berlanjut dengan seremonial mulai dengan iring-iringan peserta dan wasit yang dipimpin oleh para peserta kostum Semarang Night Carnival dengan kostum mereka pada saat itu.

Salah satu penampilan tarian kolosal. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kemudian muncul kedua maskot Asean Schools Games (ASG) yang bernama Warak Ngendog. Mereka kembali dikenalkan ke publik beserta makna yang terangkum di dalamnya. Setelah itu muncul penampilan tarian kolosal dari Sanggar Tari Greget yang sangat meriah dan lalu ditutup dengan tarian flash mob dari sejumlah siswa di Semarang.

Asean Schools Games (ASG) akan berlangsung dari tanggal 19-25 Juli. Perhelatan akan dilaksanakan di sejumlah venue yang ada di Semarang. Kamu bisa kepoin jadwal pertandingannya di akun ofisial ASG di Instagram yakni @AseanSchoolsGames2019.

Setiap pertandingan ASG dibuka untuk umum dan nggak dipungut biaya. Enak kan, Millens! Nah, jadi buat kamu yang mau mendukung langsung Indonesia berlaga, yuk langsung saja datang. (Audrian F/E05)