Maknai Ulang Tahun Ke-75, Gus Mus Ungkap Syukur untuk Hari Jadi Republik Indonesia 74 Tahun

Kota Semarang terpilih sebagai tempat untuk menggelar perayaan bertajuk "75 Tahun Gus Mus, Persembahan Sahabat dan Santri Untuk Kiaiku". Acara ulang tahun Gus Mus tersebut digelar di Klenteng Sam Poo Kong, Simongan, Kota Semarang Rabu (14/8) malam.

Maknai Ulang Tahun Ke-75, Gus Mus Ungkap Syukur untuk Hari Jadi Republik Indonesia 74 Tahun
Gus Mus mempersembahkan potongan tumpeng untuk Rifai, gurunya sewaktu menimba ilmu di sekolah rakyat. (Inibaru.id/ Audrian F)

Inibaru.id - Acara malam itu memang berlangsung meriah dan dihadiri tokoh-tokoh besar, tapi siapa nyana Gus Mus mengaku nggak terlalu ingat hari lahirnya.

“Saya sebetulnya malah nggak ingat hari ulang tahun saya. Tapi teman-teman santri ini mengingatkannya. Tidak apa-apa, dengan adanya perayaan ini saya jadi bisa menyadari kalau saya sudah tua,” ucap Gus Mus.

Pada kesempatan kali ini, Gus Mus, ingin mempersembahkan tumpeng ulang tahunnya kepada salah satu gurunya di sekolah rakyat yang bernama Rifai. Gus Mus membawa gurunya yang berada di kursi roda ke atas panggung.

“Rasa syukur ini juga saya persembahkan untuk guru saya, Pak Rifai,” ujar Gus Mus sambil memberikan potongan tumpeng.

Jika orang lain memaknai hari ulang tahunnya untuk kepentingan dirinya sendiri, berbeda dengan Gus Mus. Dia menyatakan kalau hari ulang tahunnya ini diperuntukkan bagi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Semua ini adalah salah satu wujud syukur saya terhadap kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga Indonesia tetap jaya, adil, makmur, dan selalu tegar,” kata Gus Mus.

Gus Mus yang dikenal toleran kepada semua umat beragama nggak lupa menyampaikan wejangannya tentang menghargai keberagaman kepada para hadirin.

“Indonesia seperti qith'atun minal jannah yakni kepingan dari surga. Maka dengan bersyukur kepada Allah mudah-mudahan kita tetap bisa menjadi bangsa yang beraneka ragam dan saling menghargai. Dirgahayu Indonesia,” tandas Gus Mus.

Susi Pudjiastuti mendapatkan kesempatan untuk membaca puisi. (Inibaru.id/ Audrian F)

Selepas Gus Mus menyampaikan kesan dan pesan dalam memaknai hari ulang tahunnya, ada penampilan spesial dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang membacakan puisi untuk Gus Mus. Sebelumnya Susi menuai sanjungan khusus dari Gus Mus.

“Kalau diganti lagi laut mungkin akan rusak lagi. Tolong sampaikan ke Jokowi atau orang-orang dekat Jokowi bahwa Gus Mus mendukung Bu Susi,” ujar Gus Mus. “Saya menyukai Bu Susi bukan sebagai Menteri. Tapi sebagai perempuan Indonesia yang bangga dengan Indonesia dan mencintai rakyat Indonesia,” jelas Gus Mus.

Semoga segala harapan baik dari Gus Mus pada ulang tahunnya yang ke-75 ini bisa terwujud di Indonesia ya. Kamu pun nggak boleh kalah untuk ikut mensejahterakan Indonesia ya, Millens. (Audrian F/E05)