Film-Film dengan Konsep “Breaking the Fourth Wall” Ternyata Ada Banyak, lo!

Film-Film dengan Konsep “Breaking the Fourth Wall” Ternyata Ada Banyak, lo!
Cuplikan adegan "Aruna dan Lidahnya", saat Aruna mencicipi Lorjuk bersama dua temannya. (Palari Films)

Film dengan konsep “breaking the fourth wall” ternyata ada banyak, lo. Yuk, intip beberapa di antaranya!

Inibaru.id – Konsep breaking the fourth wall a.k.a. menembus dinding keempat diadaptasi dalam beragam film, baik film produksi Indonesia maupun luar negeri. Dalam film yang mengusung konsep tersebut, kamu bisa merasakan bahwa tokoh dalam film tersebut “berbicara” denganmu.

Nah, apa saja, ya, film yang memiliki konsep tersebut?

Aruna dan Lidahnya

Aruna "berbicara" pada penonton di tengah percakapannya dengan tokoh lain. Dalam adegan ini, dia diminta untuk melakukan investigasi wabah flu burung. (Palari Films)

Film yang tayang di bioskop sejak 27 September ini mengusung konsep breaking the fourth wall. Sang tokoh utama yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo kerap menghadap kamera dan berbicara pada para penonton. Selain itu, gestur dan mimiknya menunjukkan interaksi yang mendalam. Unik banget!

Deadpool

Deadpool kerap berceloteh pada para penonton. (youtube.com)

Deadpool kerap disebut sebagai seorang storyteller atau pencerita saking seringnya ngomong ke para penonton. Jarang, kan, ada tokoh Marvel yang bisa "berbicara" pada para penonton? Dalam komiknya, Deadpool juga melakukan breaking the fourth wall, lo! Dia sering menengok ke arah pembaca dan melontarkan banyak hal.

Spaceballs

Tokoh Spaceballs muncul dalam layar monitor yang ada di dalam film. (youtube.com)

Film klasik yang dirilis pada 1987 ini menawarkan konsep menembus dinding keempat melalui komedi dan parodi. Para tokoh dalam film besutan Mel Brooks ini bahkan muncul dalam layar monitor dari video yang mereka putar.

Monty Python and the Holy Grail

Salah satu cupilkan adegan dalam film komedi satir "Monty Python and the Holy Grail". (youtube.com)

Ranker.com menulis, komedi adalah genre paling tepat untuk menembus dinding keempat, khususnya jika komedi tersebut berbentuk satir. Yap, ini pun diadaptasi oleh film yang dirilis pada 1975 ini. Bahkan banyak yang menyebut bahwa film ini nggak hanya “menembus”, melainkan juga menghancurkan dinding keempat! Salah satu adegan yang kentara adalah ketika salah satu tokoh menyerukan, “Lihat, ada pria tua dari adegan 24, tuh!”

Goodfellas

Henry Hill dalam film "Goodfellas". (barrywetcher.com)

Film yang disutradarai oleh Martin Scorsese ini menunjukan adegan menembus dinding keempat pada akhir film. Dalam adegan tersebut, Henry Hill berbicara langsung pada para penggemar mengenai kehidupannya setelah terlibat dengan mafia Italia yang brutal.

Coba tonton film-film di atas, deh, Millens! Kamu bakal lebih paham mengenai konsep breaking the fourth wall. (IB08/E05)