Festival Film Ada yang Palsu Lo, Berikut Tanda-tandanya

Festival Film Ada yang Palsu Lo, Berikut Tanda-tandanya
Tanda-tanda festival film palsu. (Filmdaily)

Memenangi sebuah festival film adalah sebuah pencapaian yang prestisius. Namun, sebelum dipamerkan ke orang lain, coba cek dulu deh kredibilitas festival film itu.

Inibaru.id – Saat ini sudah banyak festival film yang diadakan di sejumlah tempat. Dalam festival itu, beberapa film ditayangkan sekaligus dinilai dan yang terbaik akan diberi penghargaan. Tentu saja penghargaan dari festival film itu sangat prestisius bagi para seniman.

Namun, rupanya nggak semua festival film itu kredibel. Ada beberapa festival film palsu yang hanya memburu duit para sineas dengan imbalan pemenang atau sekadar masuk nominasi.

Nah, biar kamu nggak tertipu dengan festival film palsu, coba deh cermati tanda-tandanya berikut.

Biaya Pengiriman Super Tinggi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah biaya pengiriman. Yap, ada beberapa festival film yang mematok biaya tertentu saat film itu diregistrasi. Toronto Youth Shorts misalnya mengenakan biaya 20 dolar AS untuk tarif reguler (gratis jika mengirim lebih awal), yang setara dengan biaya registrasi Festival Film Kanada, Reel Asia, serta Images and Reel World. Dua festival terbesar di Toronto, TIFF dan Hot Docs, paling banyak menarik biaya 55 dolar AS untuk film-film pendek yang masuk ke festival bergengsi mereka. Namun, festival film palsu biasanya menarik biaya yang lebih tinggi dari itu.

Nggak Transparan

Pernahkah kamu menemukan situs web festival yang nggak mencantumkan staf mereka? Jika pernah, apakah perwakilan dari festival mengirimimu email tanpa tanda tangan dengan nama asli? Kalau iya, bisa jadi festival itu palsu, Millens.

Nggak Ada Film Screening

Suatu acara nggak bisa disebut festival film jika sebelumnya nggak ada screening film. Ingat, ada banyak penipuan pada acara penghargaan semacam ini.

Periode Pengajuan Selama Setahun

Festival film palsu biasanya memiliki periode pendaftaran yang sangat panjang. Bahkan, ada juga yang membuka pendaftaran hingga satu tahun.

Banyak Nominasi Penghargaan

Nominasi penghargaan yang banyak dapat menjadi umpan untuk menarik para pembuat film yang ingin menambah prestasi dalam portofolio mereka. Karena itulah, festival film yang palsu akan membuat banyak nominasi penghargaan.

Yap, itulah sejumlah tanda festival film palsu. Jangan sampai kamu terkecoh untuk mengikutinya, ya! (IB24/E04)