Empat Ensambel Gitar Klasik asal Yogyakarta Bawa Musik Klasik Indonesia ke Mancanegara

Empat Ensambel Gitar Klasik asal Yogyakarta Bawa Musik Klasik Indonesia ke Mancanegara
Empat ensambel gitar Indonesia dalam ajang JIEGF 30th 2018. (hiburan.metrotvnews.com)

Setelah kurang lebih tiga dekade, Indonesia berhasil melangkah ke kancah musik gitar klasik dunia.

Inibaru.id – Empat ensambel gitar klasik Indonesia berhasil membawa nama Indonesia ke kancah musik klasik dunia. Mereka merupakan para gitaris muda yang tergabung dalam ensambel Duo Rocky, Nocturnal Guitar Quartet, Duo Nabita, dan Duo Anantara.

Keempat ensambel yang juga anggota Indonesia Classical Guitar Collective itu mewakili Indonesia di ajang Japan International Ensemble Guitar Festival (JIEGF) 30th 2018.

Duo Rocky. (artforia.com)

Itu merupakan kali pertama Indonesia turut menjadi peserta selama tiga puluh tahun JIEGF diselenggarakan.

FYI, JIEGF merupakan acara tahunan yang menjadi tolak ukur perkembangan musik gitar klasik khususnya di Asia. Acara yang diikuti ensambel gitar dari berbagai negara itu juga menjadi ajang memperkenalkan potensi musisi dan gitaris terbaik di gitar klasik, Millens.

Duo Nabita. (matakota.com)

Nah, nggak hanya berhasil mewakili Indonesia dalam ajang JIEGF, ensambel gitar klasik asal Yogyakarta tadi juga berhasil menyabet beberapa gelar lo.

Duo Rocky membawa pulang gelar juara pertama sekaligus Best Duo. Sementara Nocturnal Guitar Quartet meraih juara ketiga dan memenangkan Harumi Award dalam bagian Excellent Performance of a Modern Guitar Piece.

Duo Anantara. (goodnewsfromindonesia.com)

Plus Duo Nabita yang menyabet gelar Best Student Award. Kabar gembira itu diumumkan di Tokyo pada 24 Juni 2018 seperti ditulis medcom.id (26/6/18).

Capaian itu tentu menjadi langkah baru bagi Indonesia dalam peta musik klasik dunia. Yap, dalam tiga dekade terakhir Indonesia belum menunjukkan gaungnya dalam bidang gitar klasik dunia. Langkahnya masih tertinggal dari negara-negara tetangga.

Npcturnal Guitar Quartet. (tribunwow.com)

Oya, agenda terdekat Duo Rocky, Nocturnal Guitar Quartet, Duo Nabita, dan Duo Anantara adalah sebuah konser kepulangan yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 18 Juli 2018 mendatang nih.

Kamu berminat menonton? Yuk, kita apresiasi para musisi gitar klasik Indonesia yang mulai mendunia ini! (IB10/E05)