Eksplo Rasa Ajak Masyarakat untuk Lebih Kenal Rempah-Rempah Asli Indonesia

Sudah lama Indonesia dikenal kaya akan rempah-rempahnya. Namun sejauh mana masyarakat mengetahui nama rempah-rempah tersebut?

Eksplo Rasa Ajak Masyarakat untuk Lebih Kenal Rempah-Rempah Asli Indonesia
Para peserta "Eksplo Rasa" sedang mencoba menebak jenis rempah-rempah yang disajikan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Inibaru.id - Orang-orang zaman sekarang cenderung memilih produk instan. Begitupun dengan bagaimana meramu bumbu dapur atau untuk obat-obatan. "Semua lebih suka pakai bumbu cepat saji atau obat kimia,” kata Riza Amalia, Sales Marketing dari Cafe Javara Culture saat acara “Eksplo Rasa”, Rabu (17/9). 

Menurut Riza, edukasi soal rempah-rempah sangat diperlukan. Selain dapat memperindah halaman karena mudah ditanam, rempah-rempah memberi banyak manfaat.

Selain menyemarakan Festival Kota Lama, acara yanng diadakan di Javara, Taman Srigunting ini juga mengajak masyarakat untuk mengenali rempah-rempah yang ada di Indonesia.

“Kita, negara Indonesia itu sangat kaya. Terlebih soal rempah-rempah. Itulah mengapa dulu kita dijajah karena daya tarik rempah-rempahnya dan yang menjajah pun sebetulnya adalah perusahaan dagang," kata Dindin Mediana, Owner Javara Culture Semarang.

Dindin yang juga penggagas acara ini mewanti-wanti jangan sampai masyarakat Indonesia nggak tahu keanekaragaman rempah-rempah yang dimiliki.

Riza Amalia (kiri) menjelaskan jenis rempah-rempah. (Inibaru.id/ Audrian F)

Dalam proses edukasi rempah-rempah tersebut, awalnya peserta diberikan gambaran bagaimana rempah-rempah yang ada di Indonesia ini tersebar. Peserta bakal paham perbedaan rasa dan bentuk rempah-rempah yang tersebar ikut dipengaruhi lingkungan. Nah yang seru, peserta diminta menulis nama rempah-rempah yang diperlihatkan. Masalahnya, rempah yang diperlihatkan bukan jenis yang familiar. Peserta yang terdiri atas Blogger, Vlogger, pencinta kuliner, dan masyarakat umum ini pun sukses dibikin pusing.

Seperti yang sudah dipresiksi, banyak peserta yang kebingungan memberi nama rempah yang diperlihatkan. Hanya satu dua peserta yang dengan tepat menebak.

“Ini apa ya, namanya, aromanya hampir sama seperti lengkuas,” ucap Frendi diiringi gelak tawa peserta lainnya.

Dalam mengenali jenis rempah-rempah ini Dindin mengungkapkan dengan menggunakan panca indera yang terdiri dari mata, penciuman, dan perasa. “Memang lewat panca indera itulah, kita bisa mengenali jenis-jenis rempah-rempah apa saja. Soalnya juga ada beberapa rempah-rempah yang bentuk dan aromanya mirip,” jelasnya.

Kalau kamu tahu banyak soal rempah-rempah nggak, Millens? (Audrian F/E05)