Lagu-lagu Pembawa Pesan Damai

Lagu-lagu Pembawa Pesan Damai
Melalui lagu, Bob Dylan dan John Lennon menyampaikan tentang perdamaian dan keadilan lebih penting daripada peperangan. (hoaxeye.com)

Musikus punya cara sendiri dalam menyampaikan pesan-pesan perdamaian. Mau tahu lagu apa saja yang mewakili harapan damai mereka?

Inibaru.id – Pesan perdamaian nggak berwujud tulisan yang dibaca, melainkan lagu yang digunakan banyak musikus untuk menyampaikan jika dunia sedang nggak baik.

Nah, di bawah ini ada, lo, musisi beserta lagu yang mereka cipta dan membahas tentang peperangan. Cekidot!

Bob Dylan merupakan musisi yang memengaruhi budaya popular sepanjang masa. (cnnindonesia.com)

Blowing in the WindBob Dylan

Lagu yang diciptakan oleh Bob Dylan ini membutuhkan waktu 10 menit untuk menyelesaikan lagu ini. Dilansir berdikarionline.com, (13/11/2016), kendati Dylan nggak berniat menjadikan lagu ini sebagai lagu protes, kenyataannya lagu ini menjadi lagu protes sekaligus lagu anti-perang paling popular, lo, Millens!

Di tahun 1963, saat Peter, Paul and Mary menyanyikan lagu ini saat pawai besar gerakan hak-hak sipil di Washinton, setelah beberapa menit Martin Luther King menyampaikan pidato yang monumental, I have a Dream, “Blowing in the Wind” menjadi lagu kebangsaan gerakan sipil dan ativis anti-perang.

Master of War – Bob Dylan

Lagu yang diciptakan pada tahun 1965-1963 tepat di saat perang dingin antara blok barat yang dipelopori oleh Amerika Serikat melawan blok timur, Uni Soviet. Namun, sesuai kata Bob Dylan, lagu ini diperuntungkan sebagai protes atas rencana Presiden AS saat itu, Dwight D. Eisenhower, membangun kompleks industri militer.

Meski sarat akan kontrovesi, nyatanya John Lennon peduli terhadap perdamaian dan  menyuarakannya lewat lagu. (www.johnlennon.com)

Give Peace a Chance – John Lennon dan The Plastic Ono Band

Pentolan band The Beatles ini mengaku jika menulis lagu ini untuk dinyanyikan dalam demonstrasi besar menentang perang Vietnam pada Oktober 1969. Ada cerita unik tapi tetap sesuai dengan tujuan lagu ini, yaitu pertama kali lagu ini diperdengarkan oleh Lennon dan Yoko Ono, istrinya, saat mengglar aksi “Bed-in for Peace”. Lennon dan Yoko Ono tiduran di atas tempat tidur selama seminggu untuk menyerukan perdamaian. Nah, di samping tempat tidur merekaa berderet poster anti-perang Vietnam. Berkat aksi tersebut, media massa dan masyarakat luas merespon aksi mereka berdua.

Imagine – John Lennon

Lagu popular sepanjang masa yang dianggap sebagai lagu anti-agama dan anti-nasionalis ini nyatanya mengandung kritik mendalam. Sekat lain yang membuat manusia terpecah-belah, bahkan dalam kelas sosial adalah kapitalis. Kapitalis membuat ada perut kenyang kegemukan, sedangkan ada manusia yang terlilit lapar akut.

Bob Dylan dan John Lennon membuktikan kalau musik mampu mengubah pandangan masyarakat luas tentang perdamaian. Nggak harus ikut perang, cukup dengan kemampuan yang dimiliki, peperangan bisa kita cegah, kok. (MG10/E05)