Befourion, Konten Kreator Muda yang Berkarya Melalui Film Pendek

Berawal dari punya kanal di Youtube, sekelompak anak muda ini sukses menggarap berbagai film pendek selama tujuh tahun. Bagaimana ya kiprah mereka?

Befourion, Konten Kreator Muda yang Berkarya Melalui Film Pendek
Befourion (Famous.id)

Inibaru.id – Muda dan berkarya, itulah kesan dari sekelompok anak muda kreatif asal Batam ini. Yap, mereka adalah Befourion. Kelompok yang tenar dengan kanal Youtube Befourion Films ini telah banyak membuat karya berupa video yang selalu dinanti anak-anak muda.

Ada banyak video yang telah mereka rampungkan. Jenisnya pun beragam, mulai dari film pendek, musikalisasi puisi, video musik, dan video menarik lainnya. Menurut salah satu personel Befourion, Putri Meyadha, mereka sudah mulai membuat video sejak delapan tahun yang lalu.

Dia menuturkan, awalnya saat SMA mereka membuat video kreatif stop motion. Dari sana, kelompok yang digawangi oleh Luthfi Aulia Chandra dan Rian Adianto ini mulai membuat konten-konten video menarik lain.

“Semula, Luthfi bersama tiga temannya bikin video stop motion saat SMA. Dari situ, mereka kemudian mengajak para cewek, termasuk aku, untuk membuat video lain. Waktu itu, kami mulai bikin konten berupa video musik untuk lagu-lagu yang lagi tren,” jelas perempuan yang mendalami seni akting tersebut.

Sejak saat itu, mereka terus membuat video dan mengunggahnya di Youtube. Mereka bahkan sempat memenangkan sebuah lomba video iklan dan menjadi juara satu se-Kota Batam.

Film Pendek

Setelah puas dengan karya video mereka, Befourion mulai menggarap film pendek. Ada cukup banyak film yang telah mereka buat. Umumnya, film-film pendek tersebut dibuat untuk segmentasi anak muda dengan mengangkat romantisme percintaan anak muda, sisi paling emosional dari mereka.

Selain romantis, mereka juga menggarap film dengan tema lain, mulai dari yang bergenre komedi, drama, horor, bahkan thriller. Setidaknya, ada 30 video yang telah mereka produksi. Wah, produktif banget ya?

Konsistensi pada dunia film yang dilakukan Mey dkk membuahkan hasil. Karya mereka pernah masuk ajang XXI Short Film Festival. Nggak hanya itu, karya terbaru Befourion, Satu Hari di Bulan November, juga sempat di-screening Bioskop CGV Cinema Jakarta pada 2017 lalu. Karya ini merupakan film terpanjang dan termatang yang pernah mereka produksi.

Meski telah memiliki kesibukan dan pekerjaan masing-masing, Mey berharap kelompok yang kini berdomisili di Jakarta itu terus berkarya dan membuat video-video lainnya. Menurutnya, dalam waktu dekat ini mereka berencana membuat konten webseries dengan balutan drama musikal.

“Iya, lagi berusaha buat merealisasikan drama musikal ini. Karena kami penginnya semua gerakan dan lagu juga kami yang buat. Butuh persiapan yang banyak, jadi minta doanya, ya,” ungkap Mey.

Lebih lanjut, Mey juga menaruh harapan besar agar film maker yang kini beranggotakan 13 orang tersebut semakin berkembang, bahkan bisa menjadi rumah produksi film profesional.

“Impian kami, Befourion jadi rumah produksi. Kami sudah berjuang bareng-bareng selama beberapa tahun ini, sayang kalau nggak diseriusi,” tandasnya.

Hm, sepakat! Cintai yang kamu kerjakan, tapi juga jangan lupa kerjakan apa yang kamu cintai! Bukankah hukum keseimbangan selalu seperti itu? (Verawati Meidiana/E03)