Pesan-pesan yang Disampakan Lewat Lagu

Berawal dari komunitas yang sama, tiga pemuda asal Semarang mendirikan band indie. Saat ini band beraliran jazz eksperimental itu telah menjadi salah satu band paling terkenal di Kota Lunpia. Seperti apa?

Pesan-pesan yang Disampakan Lewat Lagu
Personel Band AbsurdNation (Absurdnation.co)

Inibaru.id - Berawal dari komunitas yang mereka ikuti, tiga sekawan, Nanda Goeltom, Yusuf Saputra, dan Fanny Wardoyo membentuk satu grup band indie. Absurdnation namanya. Saat ini, band asal Semarang itu begitu digemari para remaja Indonesia. Mereka bahkan terbilang sukses manggung di pelbagai event musik jazz Tanah Air.

Beranggotakan tiga orang pemuda, Nanda (vocal), Yusuf (piano dan synth), dan Fanny (drum dan perkusi), AbsurdNation didirikan pada 12 Desember 2012. Nama AbsurdNation diambil dari nama akun Twitter Nanda yang saat itu suka membagikan keanehan-keanehan dunia.

Baca juga:
Berkarya Tanpa Batas ala Fly Away dari Kebumen
Padi (Siap) Kembali

Pada awal berdiri, band yang dikenal lewat lagu "Cerita Cita" ini mengusung genre jazz. Namun, seiring berjalannya waktu, genre musik Absurdnation menjadi lebih luas. Mereka menyebutnya jazz eksperimental. Para musikus jazz tetap menjadi acuan Absurdnation, tapi dengan sentuhan musik-musik gamelan sebagai referensi mereka.

Nggak semata menghibur, Absurdnation juga punya pesan serius yang disampaikan lewat lagu-lagu mereka, salah satunya adalah lagu bertajuk “Conspiration”. Dirilis pada 30 September 2017, tepat saat peringatan G30SPKI, Nanda dkk sengaja mengajak pendengarnya untuk mengingat kembali ideologi Pancasila.

Baca juga:
Idealisme Jamaah Cinema Mahasiswa yang Nggak Lekang oleh Waktu
Ketoprak Siswo Budoyo di Pati Terus Eksis sebagai Kesenian Rakyat

Selain sukses di Indonesia, Absurdnation juga sempat mencetak prestasi di Italia dengan masuk dalam chart musik Indie Jazz Radio di sana loh. Hm, patut kita acugi jempol nih, Millens! (TS/GIL)