5 Lagu Ini Pas Banget Didengar di Hari Kemerdekaan RI

5 Lagu Ini Pas Banget Didengar di Hari Kemerdekaan RI
Bendera Indonesia. (worldview.stratfor.com)

Musik ternyata bisa juga lo menjadi sarana memupuk nasionalisme. Nggak percaya? Nih deretan lagu yang bisa banget kamu dengerin di bulan Agustus ini.

Inibaru.id – Dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Inibaru.id bakal merangkum 5 lagu yang punya nuansa nasionalisme. Yuk, intip lagu apa saja yang masuk nominasi!

1. Menjadi Indonesia (2008)Efek Rumah Kaca

Band indie yang berasal dari Jakarta ini hampir semua lagunya membahas tentang kehidupan sosial. Lewat lagu Menjadi Indonesia ini, Efek Rumah Kaca berusaha memberi tahu ke generasi baru jika harapan dan kekecewaan terhadap Indonesia itu nggak patut dilakukan. Seperti penggalan lirik berikut, “Ada yang memar, kangum banggaku. Malu membelenggu. Ada yang mekar, serupa benalu. Tak mau temanimu. Lekas, bangun dari tidur berkepanjangan. Menyatakan mimpimu. Cuci muka biar terlihat segar, merapikan wajahmu. Masih ada cara menjadi besar.”

2. Merdeka (2016) – Efek Rumah Kaca

Masih dari band yang sama. Lagu "Merdeka" ini nggak kalah asik didengar saat Hari Kemerdekaan Indonesia. Secara tersirat, lagu ini membahas tentang keinginan untuk merdeka. Entah merdeka secara individu maupun secara kelompok. "Makmur aman dan sentosa karena berdarah. Beribu tahun beranak pinak tanpa terlelap kami bertanya dimanakah tanah serta mata airnya. Kami hidup dalam kebebasannya, damai lahir batinnya.”

Personil Efek Rumah Kaca

Personel Efek Rumah Kaca. (togetherwhatever.id)

3. Ayo, Indonesia Bisa (2011) - Sherina ft. Ello

Lagu ini juga nggak kalah enak didengar saat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, lo. Nuansa lagu yang menghentak bisa kalian mainkan atau dengarkan saat perlombaan Tujuh Belasan berlangsung. Lagu ini sering diputar saat perhelatan Sea Games 2011.

Ello dan Sherina saat akan manggung di Sea Games 2011

Ello dan Sherina saat akan manggung di Sea Games 2011. (proresep.blogspot.com)

4. Jadilah Legenda (2013) – Superman is Dead

Lagu dari Superman is Dead hampir keseluruhan bergenre punk rock. Namun, lagu "Jadilah Legenda" ini tetap enak didengar bagi semua kalangan karena syair lagunya mengajak kita lebih cinta terhadap Indonesia.

Personil Superman is Dead

Personil Superman is Dead (kuncigitar.id).

5. Merah Putihku (2016)  – Kotak

Agak berbeda dengan dua lagu punya Efek Rumah Kaca, lewat "Merah Putihku", Kotak mengajak kamu untuk mengobarkan semangat di Hari Kemerdekaan Indonesia lewat musik yang lebih menghentak. Lagu ini diplot sebagai soundtrack film SIAP GAN!.

Band Kotak saat peluncuran singel Merah Putihku untuk ost. film Siap Gan!

Band Kotak saat peluncuran singel Merah Putihku untuk ost. film Siap Gan! (detik.com)

Nah, itu dia kelima lagu bernuansa nasionalisme kebangsaan. Kalau kamu suda dengerin yang mana, Millens? (MG10/E05)