5 Film tentang Mental Disorder untuk Pengetahuanmu

5 Film tentang Mental Disorder untuk Pengetahuanmu
Ilustrasi depresi. (shutterstock.com)

Mental disorder atau gangguan mental bisa menyerang siapa saja. Lewat film-film ini, kamu bisa lebih memahami isu itu agar nggak salah langkah.

Inibaru.id – Tanpa disadari, mental disorder atau gangguan mental ada di lingkungan sekeliling kamu. Hanya saja sering kali kamu nggak menyadarinya. Padahal penting lo untuk kamu peduli dengan isu mental disorder agar lebih paham bagaimana cara menghadapinya. Nah, biar lebih paham, yuk tonton film-film tentang mental disorder berikut!

  1. A Beautiful Mind

John Nash saat dimintai bantuan Pentagon terkait adanya rencana teror. (gliacchiappafilm.it)

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang ahli matematika bernama John Forbes Nash Jr yang diperankan oleh Russell Crowe. Selama perang dingin, Nash mengidap schizofrenia paranoid yang membuatnya hidup dalam halusinasi dan bayangan ketakutan. A Beautiful Mind berkisah tentang perjuangannya untuk sembuh hingga berhasil meraih Nobel pada 1994.

  1. Silver Linings Playbook

Pertengkaran Tiffany dengan Pat di film Silver Linings Playbook. (Weinsten Company)

Pat Solitano (Bradley Cooper) mengidap bipolar disorder dan baru saja keluar dari rumah sakit jiwa karena memukuli selingkuhan istrinya hingga tewas. Di tengah perjuangannya untuk rujuk kembali, Pat malah bertemu dengan Tiffany Maxwell (Jennifer Lawrence). Fyi, Tiffany mengidap depresi setelah suaminya meninggal. Hm, kisah cinta dan perjuangan keduanya sebagai penyintas mental disorder menarik untuk diikuti.

  1. The Perks of Being a Wallflower

Para pemain The Perks of Being a Wallflower. (Summit Entertainment)

Pernah nggak sih kamu punya teman yang cenderung susah bersosialisasi dan introvert? Hal itu juga terjadi pada Charlie (Logan Lerman). Kamu bakal diajak memahami alasan di balik perilaku Charlie dan bagaimana kerasnya usaha dia untuk sembuh dan bangkit dari keterpurukan.

  1. Secret Window

Mort Rainey dalam Secret Window. (Everett Collection)

Mort Rainey (Johny Depp) yang berprofesi sebagai penulis menderita mental disorder semenjak dia memergoki istrinya selingkuh. Semenjak itu Mort hidup menyendiri dan jauh dari keramaian karena dia selalu merasa cemas dan ketakutan. Tanpa sadar, Mort juga memiliki teman imajiner bernama Shooter. Wah, kamu dijamin larut dalam konflik kehidupan Mort deh.

  1. Split

Salah satu adegan dalam Split. (Universal Pictures)

Film yang dibintangi oleh James McAvoy ini nggak boleh kamu lewatkan, Millens. Split bercerita tentang Kevin, seorang penderita kepribadian ganda. Bukan hanya dua, melainkan 23 kepribadian ada dalam dirinya. Secara nggak sadar, Kevin melakukan hal-hal di luar kendalinya. Menonton Split, kamu bakal dibawa melewati ketegangan dan teka-teki yang disusun secara apik.

Setelah menonton film-film tentang mental disorder tadi, semoga kamu lebih peka dan peduli dengan isu itu ya. (IB10/E05)