Kembangkan Sektor Wisata, Bendungan Logung Kudus Dibagi 4 Zona
Kondisi terkini Bendungan Logung. (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kembangkan Sektor Wisata, Bendungan Logung Kudus Dibagi 4 Zona

Bendungan Logung, Kudus yang kini sedang diisi air rencananya akan segera dipermak agar bisa menjadi tempat wisata yang menarik. Berdasarkan rencana, ada empat zona wisata yang nanti ada di Bendungan Logung. Berikut ulasannya.

Inibaru.id – Pemerintah Kabupaten Kudus memastikan ada empat zona di Bendungan Logung yang akan diijadikan kawasan pengembangan wisata. Hal ini diungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Zulfan Arief Mustafa.

Antaranews.com, Jumat (11/1/2019) menulis, menurut Pemali, penentuan zona itu mempermudah pemerintah untuk mengembangkan kawasan wisata di waduk yang sedang diisi air ini.

“Dengan adanya zonasi, Pemkab Kudus akan memiliki acuan untuk mengembangkan potensi wisata di Bendungan Logung,” ucapnya saat melakukan rapat koordinasi penataan potensi pariwisata Bendungan Logung di Command Center, Kudus.

Zona pertama yang akan dijadikan kawasan pengembangan wisata ada di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus. Luas area zona ini mencapai 12.791 meter persegi. Zona pertama bakal dibagi menjadi zona utama, zona penunjang, zona waduk, zona parkir, serta jalan desa. Pemilihan zona itu berdasarkan kontur tanah di Desa Kandangmas yang cenderung datar.

“Dekat dengan tepi bendungan, kontur tanahnya cenderung datar. Jadi, lokasi ini cocok untuk dijadikan kawasan parkir,” jelas Pemali.

Sementara itu, zona II berada di Desa Rejosari, Kecamatan Dawe dengan luas mencapai 11.394 meter persegi. Lokasi ini memiliki pemandangan yang indah dan dianggap cocok untuk dijadikan tempat berkemah. Hal yang sama juga ditemukan di kawasan zona III yang memiliki luas 16.791 meter persegi. Zona itu memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk wisata air, khususnya yang diakses dengan perahu.

Sementara itu, zona IV adalah pulau yang berada di dalam bendungan dengan luas 17.966 meter persegi. Kendati nggak memiliki akses jalan langsung, hal ini justru dianggap sebagai peluang wisata karena adanya kesan privasi bagi pengunjungnya.

Dana Pengembangan Puluhan Miliar

Demi memuluskan pengembangan wisata di Bendungan Logung, Pemkab Kudus menyiapkan dana sebesar Rp 21,46 miliar.

“Dengan dana ini, kami akan melakukan pembangunan di dua zona wisata prioritas,” ucap Sekda Kudus Sama’ni Intakoris.

Zona yang akan diprioritaskan terlebih dahulu adalah zona I dan IV. Zona 1 dianggap paling mudah diakses dan dekat dengan gerbang utama Bendungan Logung. Sementara itu, zona IV akan dijadikan wisata perahu, plaza, serta dijadikan ruang terbuka hijau.

Wah, sepertinya bakal menarik nih kalau berwisata ke Bendungan Logung. Semoga tempat wisatanya segera jadi ya, Millens. (IB09/E04)