Menengok Bus Klasik di Indonesia Classic n Unique Bus 2018

Pameran Indonesia Classic n Unique Bus (Incubus) kembali digelar. Terdapat sepuluh bus klasik yang dipamerkan dalam acara itu.

Menengok Bus Klasik di Indonesia Classic n Unique Bus 2018
Bus Fuso Koleksi PO Sumber Alam yang diproduksi tahun 1963. (Tempo.co/Fajar Januarta)

Inibaru.id - Kalau kamu penasaran dengan tampilan bus-bus zadul (zaman dulu), rasanya kamu harus menyempatkan waktu untuk mengunjungi Indonesia Classic n Unique Bus (Incubus) 2018. Dengan mengunjungi acara yang digelar di Hall B Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta ini kamu bisa melihat bus-bus zadul yang pernah menguasai jalanan Indonesia.

Pada acara yang diselenggarakan 22-24 Maret 2018 ini terdapat sepuluh bus klasik nan unik. Tentunya bus itu nggak akan kamu temui di jalanan saat ini. Antaranews.com, Senin (19/3/18) menulis bus tertua yang yang ada dalam pameran ini adalah bus jenama (merk) Fuso dari Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah. Bus itu merupakan koleksi PO Sumber Alam yang diproduksi pada 1963. Duh, umurnya lebih dari setengah abad ya, Millens.

Baca juga:
Traveloka Mendadak Mundur sebagai Sponsor Liga 1 Indonesia 2018
Ernest Bakal Garap Film Sempalan AADC

Selain dari PO Sumber Alam, ada pula bus Fuso Colt Pownis (1989) dari PT. Timah Tbk, Pangkalpinang, Bangka-Belitung dan bus Mercedes-Benz PPD (1971) Superior Coach dari Jakarta. Sementara itu, bus termuda adalah bus Mercedes-Benz Vintage (2017) dari PT Transjakarta.

Namun, bus-bus itu hanya untuk pameran, Millens, nggak untuk dinaiki. Nah, kalau kamu pengin merasakan sensasi naik bus klasik, panitia menyediakan dua bus khusus. Dua bus itu adalah bus PPD Superior Coach (1971) dan DAMRI Bandung (1988) yang dijadwalkan bakal berkeliling di kawasan JIEXPO.

Baca juga:
Begini Cara Cambridge Analytica Dapatkan Data Facebook
Meriung Nonton dan Diskusi "Night Bus" di Semarang

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi pameran ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 20 ribu untuk umum dan Rp 10 ribu untuk pelajar. Hmm, cukup  terjangkau ya. Yuk, segera berkunjung ke pameran Incubus. Ingat, cuma sampai Sabtu saja lo. (JAM/IF)