Yuk, Simak Tips Memilih Sweter yang Tepat

Yuk, Simak Tips Memilih Sweter yang Tepat
Sweter cocok digunakan saat musim dingin. (Styledumonde)

Memakai sweter saat musim dingin tepat dilakukan untuk menjaga badan tetap hangat. Meski begitu, kamu harus cermat memilih sweter untuk menghindari risiko gatal pada kulit.

Inibaru.id – Di cuaca dingin seperti saat ini, memakai pakaian hangat merupakan salah satu solusi yang tepat untuk menjaga suhu badan agar tetap nyaman. Sweter pun termasuk salah satu pilihan pakaian hangat yang tepat untuk kamu kenakan.

Namun sebelum memakai sweter, simak dulu tips-tips memilih sweter yang tepat agar nggak terasa gatal di kulit ini yuk!

Perhatikan Kualitas Wol

Ilustrasi sweater berbahan wol. (Shutterstock)

Sweter berbahan wol terasa lebih hangat dan nggak membuat gatal, Millens. Meski begitu, nggak semua sweter terbuat dari wol berkualitas baik. Nah, perhatikanlah kualitas wol pada sweter agar nggak bikin gatal di kulit ya.

Perhatikan Material Sweter

Ilustrasi sweater. (Pixabay)

Nggak semua sweter terbuat dari wol seutuhnya. Untuk menghemat anggaran, nggak jarang sweter dibuat dari wol yang dicampur dengan bahan sintesis. Bukan masalah besar kok kalau kamu memakai sweter yang terbuat dari campuran bahan sintesis. Namun, nggak ada salahnya untuk mengecek material sweter sebelum membelinya.

Cek Kondisi Kulit

Cek kondisi kulit sebelum memakai sweater. (Freepik)

Untuk mengantisipasi rasa gatal dan nggak nyaman pada kulit akibat pemakaian sweter, nggak ada salahnya untuk mengecek lebih dulu kondisi kulitmu. Melansir laman Detik, (29/11/2015), jika kondisi kulitmu kering, iritasi, atau memiliki kondisi seperti eczema, lebih baik hindari dulu penggunaan sweter ya.

Pertimbangkan Bahan Alternatif

Ilustrasi bahan cashmere. (Seragamcipadu)

Jika kondisi kulitmu nggak cocok dengan sweter berbahan wol, kamu bisa memilih sweter yang terbuat dari bahan alternatif pengganti wol misalnya akrilik, cashmere, atau rayon. Namun, bahan-bahan alternatif tersebut tentu memiliki tingkat kehangatan dan perlakuan berbeda dibanding bahan wol ya.

Cuci Berdasarkan Instruksi

Ilustrasi label intruksi pencucian pakaian. (Shutterstock)

Perhatikan label instruksi yang terdapat pada bagian dalam sweter tentang cara mencucinya. Mencuci sweter nggak sesuai instruksi dapat mengakibatkan sweter terasa nggak nyaman ketika dipakai, lo. Selain itu, bahan sweter juga akan lebih mudah rusak jika nggak dicuci sesuai instruksi.

Pilih Rajutan Sweter

Ilustrasi merajut sweter. (Ethnicdanrajut.wordpress)

Pilihlah sweter dengan rajutan yang padat dan nggak menyisakan rongga yang lebar di setiap rajutannya. Sweter yang demikian lebih efektif untuk menghangatkan tubuh dan nggak mudah ditembus angin maupun air. Selain itu, rajutan yang padat akan membuat sweter nggak mudah melar.

Setelah mengetahui tips-tips di atas, kamu tentu dapat lebih cermat memilih sweter yang tepat untuk dikenakan. Kamu pun lebih siap bertahan dalam cuaca dingin, deh. Siapkan swetermu, Millens. (IB10/E04)