Apa sih Manfaat Dongeng Sebelum Tidur?

Nggak hanya asyik, mendengarkan dongeng sebelum tidur juga punya beberapa manfaat, lo. Apa saja ya?

Apa sih Manfaat Dongeng Sebelum Tidur?
Ilustrasi mendengarkan dongeng. (Shutterstock)

Inibaru.id – Baik di novel ataupun di film, dongeng biasanya dibacakan menjelang tidur. Bukan tanpa alasan, membacakan dongeng kepada anak kecil sebelum tidur memang dianggap efektif. Ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan tersebut, Millens.

Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapat saat mendengar cerita sebelum tidur.

Hiburan Menjelang Istirahat

Dongeng sebelum tidur bermanfaat bagi orang tua dan anak. (Shutterstock)

Bobo.grid (9/8/2018) menulis, malam hari adalah waktunya beristirahat. Dongeng sebelum tidur mampu membuat orang yang membacakan dan yang mendengarkan terhibur. Aktivitas itu juga mampu meredam rasa lelah akan rutinitas seharian.

Setelah membaca atau mendengarkan dongeng, kamu pun bakal tidur lebih lelap dan terbangun dengan lebih segar keesokan harinya.

Meningkatkan Minat Baca

Mendengarkan dongeng sebelum tidur membuatmu tertarik untuk membaca sendiri dongeng itu. (Educenter)

Rutinitas mendengarkan dongeng sebelum tidur secara nggak langsung mampu menarik minat anak untuk membaca sendiri dongeng itu. Lambat laun, dia menjadi terbiasa membaca dongeng dan cerita lainnya.

Mengingat Cerita Lebih Lama

Ilustrasi mendengarkan dongeng. (Isigood)

Pada malam hari menjelang tidur, otak manusia ada dalam keadaan santai. Keadaan itu membuatmu lebih mudah mengingat sesuatu. Begitu pula dengan dongeng yang kamu dengar sebelum tidur. Secara nggak sadar, dongeng itu bertahan di ingatanmu hingga bertahun-tahun setelahnya, lo.

Mendekatkan Hubungan

Dongeng sebelum tidur dapat mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak. (Sindonews)

Aktivitas membacakan dongeng biasanya dilakukan orang tua atau kakak kepada anak. Dengan begitu, seorang anak akan merasa lebih disayang karena mendapat perhatian.

Orang yang membacakan pun senang karena dia diperhatikan saat membacakan dongeng. Hubungan antara keduanya jadi semakin dekat, deh.

Wah, mendengarkan dongeng sebelum tidur nggak hanya menyenangkan tapi juga bermanfaat ya, Millens. Hayo siapa nih yang dulu sering didongengi sebelum tidur? (IB10/E04)