Yuk, Remake Baju Lamamu untuk Lebaran!

Yuk, <em>Remake</em> Baju Lamamu untuk Lebaran!
Ilustrasi Remake baju lama. (Shirt-refashion-after)

Lebaran nggak mesti pakai baju baru, kok. Kalau masih ada baju lama yang masih bagus, boleh lah di-remake supaya lebih cantik dan unik sehingga bisa dipakai saat hari raya.

Inibaru.id – Orang Indonesia terbiasa mengenakan baju baru saat Idulfitri. Hal ini sudah semacam tradisi yang masih dilakukan sebagian besar masyarakat. Nmun, sebenarnya, Lebaran nggak mesti pakai baju baru, kok.

Selain bisa menghabiskan uang, belanja baju baru juga membuat pakaian di lemarimu semakin menumpuk. Nah, daripada beli baru, ada baiknya kamu mengubah atau remake baju lamamu yang masih bagus agar lebih terlihat baru. Kalau begini kan, bajumu nggak numpuk di lemari, uangmu pun aman terkendali.

Yuk, intip cara mengubah baju lama menjadi terlihat baru.

Menambahkan Renda atau Brokat

Hasil gambar untuk cara memasang renda tempel

Memasang renda di baju lama bisa jadi solusi. (Youtube)

Kalau kamu punya baju dengan model tunik atau atasan bergaya polos, kamu bisa menambahkan sentuhan renda atau brokat. Renda atau brokat ini bisa kamu jahitkan dipinggiran lengan atau bagian bawah baju supaya terlihat lebih manis. Cara ini dapat dilakukan untuk baju berbahan katun jersey, kaos, satin, atau sifon.

Menambahkan Payet, Aksesori Batu, atau Mutiara

Gambar terkait

Menambahkan manik-manik di baju lama. (Maubelajarapa)

Menambahkan payet atau bulir-bulir mutiara pada baju juga dapat menjadi pilihan. Kamu bisa menambahkannya di bagian dada, pinggang, leher, atau lengan. Cara ini gampang banget karena kamu nggak memerlukan mesin untuk melakukannya. Kamu hanya perlu menyiapkan benang jahit, jarum, dan aneka mutiara atau payet warna warni.

Mengganti Warna Kancing

Hasil gambar untuk cara memasang kancing

Mengganti warna kancing. (Youtube)

Mengganti warna kancing mungkin nggak begitu terlihat, tapi ini dapat mengatasi rasa bosan terhadap baju yang kamu punya. Selain itu, penambahan kancing di beberapa bagian sisi pakaian juga dapat menjadi hiasan manis yang membuat bajumu makin unik.

Menambahkan Patch Kekinian

Hasil gambar untuk cara memasang patch

Patch bisa dipasang di baju lama. (Popbela)

Belakangan ini, anak muda sedang diramaikan oleh patch atau hiasan khusus pakaian yang dibuat dari mesin bordir. Bentuk patch unik-unik dan nggak ada ketentuan harus di mana kamu memasangnya. Pakaian yang menggunakan aneka patch sebagai motif kekinian itu menonjolkan sisi gaul atau funky. Tertarik ingin mencoba?

Mengganti Warna

Mewarnai kain dengan teknik tie dye (jumputan). (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Mengganti warna pakaian, kenapa nggak? Ada bermacam cara untuk melakukannya. Salah satunya metode tradisional jumputan. Jumputan adalah salah satu cara pemberian motif di atas kain yang dilakukan dengan cara mengisi kain, melipat kain, dan mengikat kain dengan cara tertentu untuk kemudian dicelupkan ke cairan warna. Memang nggak bisa dipraktikkan di sembarang pakaian, tapi nggak ada salahnya kamu mencobanya di kerudung segi empatmu yang berbahan katun. Wah, dijamin artistik deh!

Tuh kan, ada banyak cara mengubah baju lama supaya terlihat lebih cantik. Yuk coba! (IB07/E04)