Yuk! Kenali Gejala Awal Kanker Payudara dan Cara Mengobatinya

Yuk! Kenali Gejala Awal Kanker Payudara dan Cara Mengobatinya
Kenali gejala awal kanker payudara. (go-dok)

Kanker payudara adalah salah satu penyakit ganas yang umumnya menyerang wanita. Supaya nggak terlambat, yuk kenali gejala awal penyakit ini.

Inibaru.id – Kanker payudara merupakan tumor ganas yang terbentuk di jaringan payudara. World Health Organization mencatat dalam lima tahun terakhir, terdapat kurang lebih 50.800 perempuan dari seluruh dunia kehilangan kesempatan hidup karena penyakit kanker ini.

Selain perempuan, kanker ini juga bisa menyerang laki-laki. Fakta mengejutkan lainnya, 50 persen kasus kanker payudara biasanya terjadi di negara berkembang seperti ditulis WebMD via Medcom.id, Kamis (28/02/2019).

Kendati demikian, kanker ini bisa disembuhkan bila dideteksi lebih awal. Maka, kamu harus mengenali beberapa gejala awal kanker payudara seperti berikut ini.

Terdapat Benjolan

Gejala yang paling mudah dikenali pertama kali adalah timbulnya benjolan di sekitar payudara. Cara untuk mengetahuinya, cobalah untuk meraba daerah payudaramu dan di sekitar dekat ketiak. Benjolan tersebut biasanya nggak terasa sakit saat dipencet.

Perubahan Bentuk dan Ukuran Payudara

Berikutnya, cobalah untuk memperhatikan payudaramu di depan cermin dengan bahu lurus dan tangan dipinggul. Lihatlah apakah ada perubahan dalam bentuk, ukuran, atau tampilan payudara. Kamu juga bisa mencurigai pembuluh vena yang terlihat jelas pada payudara atau urat-urat yang terlihat dengan jelas di bagian kulit sekitar payudara.

Perubahan pada Puting

Gejala awal kanker payudara yang mudah terlihat adalah perubahan bentuk pada putingnya. Puting tiba-tiba akan memerah dan membengkak tanpa diketahui penyebabnya. Selain itu, tanda-tanda lainnya puting akan mengeluarkan cairan bening, berwarna cokelat atau kuning seperti nanah.

Pembengkakan

Gejala awal yang kerap timbul saat kanker adalah adanya bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Pembengkakan kanker payudara bisa terjadi di sekitar bagian payudara, puting, hingga ketiak. Bengkak di sekitar ketiak ini disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut.

Bila kamu menemui tanda-tanda tersebut di tubuhmu, kamu harus segera mengonsultasikannya ke dokter supaya dapat segera ditangani. 

Penyembuhannya pun ada bermacam-macam bergantung sejauh mana kanker tersebut menyebar seperti:

Operasi Kanker Payudara

Operasi kanker payudara pun ada banyak jenisnya. Di antaranya lumpektomi atau operasi konservasi payudara, yakni dokter akan mengangkat sel kanker beserta kelenjar getah bening yang terlihat di area payudara. Ada juga mastektomi, yaitu mengangkat keseluruhan payudara yang terkena kanker. Operasi ini biasanya akan disesuaikan dengan penderita.

Terapi Radiasi

Terapi ini dilakukan menggunakan sinar-X bertenaga tinggi yang ditargetkan untuk membunuh sel-sel kanker dan mengurangi risiko kambuh. Terapi ini diberikan secara teratur bagi wanita yang berisiko tinggi setelah menjalani mastektomi.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah terapi kanker menggunakan obat-obatan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Terapi ini dapat dilakukan sebelum dan sesudah pembedahan untuk mencegah pertumbuhan tumor kembali.

Terapi Hormon

Terapi hormon adalah jenis terapi kanker dengan menghambat kerja hormon dan mencegah perkembangan sel kanker. Terapi ini efektif hanya pada kanker pada payudara yang sensitif terhadap hormon.

Itulah beberapa gejala dan pengobatan kanker payudara. Nah, sebelum terlambat, cek kesehatan payudaramu secara rutin, ya! (IB07/E05)