Mirip Beludru tapi Terbuat dari Kulit, Ya Suede!

Mirip Beludru tapi Terbuat dari Kulit, Ya Suede!
Ilustrasi bahan suede. (Bukalapak)

Bahan suede adalah salah satu bahan yang dihasilkan dari kulit hewan. Seperti apa sih?

Inibaru.id – Zaman sekarang, industri kerajinan semakin banyak mengeluarkan produk dengan bahan yang beragam. Salah satunya penggunaan kulit suede yang unik. Kalau dilihat, bahan suede itu hampir mirip dengan beludru. Kesamaan itu terlihat dari tekstur permukaan kulit yang hampir sama. Eits, tapi keduanya berbeda lo, Millens!

Istilah suede awalnya berasal dari bahasa Perancis “Gants de Suède” yang digunakan untuk menunjukkan jenis sarung tangan lembut dari Swedia. Seiring berjalannya waktu, bahan kulit yang halus seperti beludru itu dinamakan suede.

Suede umumnya dibuat dari kulit sapi, domba, kambing, bahkan rusa, sedangkan beludru terbuat dari kain. Kualitas dan harganya pun berbeda.

Nah, kulit suede ini dihasilkan dari bagian dalam kulit hewan yang lapisannya dekat dengan daging. Kebanyakan orang menganggap suede adalah bahan kulit yang diproses secara terbalik sehingga memiliki hasil akhir berupa kulit yang berambut/beludru.

Kulit suede biasanya digunakan sebagai bahan pembuat sepatu hingga jaket. Namun saat ini, suede juga populer digunakan pada jok, sepatu, tas, aksesoris hingga digunakan sebagai lapisan untuk produk kulit lainnya.

Ini karena kulit suede memiliki kelenturan yang pas dan nyaman saat digunakan bergerak. Kulit suede juga lebih terasa adem. Kalau kamu tipikal orang yang sering mengalami kaki berkeringat, bahan suede cocok kamu gunakan supaya nggak menimbulkan bau nggak sedap di sepatu.

Karena sifatnya bertekstur dan membuka pori-pori, suede dapat menjadi kotor dan cepat menyerap cairan. Inilah mengapa barang dengan bahan suede biasanya rentan rusak, apalagi kalau cara perawatannya salah.

Laman Wadezig (19/2/2015) menulis, sebenarnya ada sebuah alternatif bahan yang lebih tahan lama dan lebih murah yakni suede dari bahan sintetis. Tidak seperti suede alami, versi sintetis itu lebih tahan noda dan air. Karena itu, suede sintetis sering digunakan untuk furnitur upholster atau barang-barang lainnya.

Kamu punya barang yang berbahan suede, Millens? (IB07/E04)