Pengin Hemat Air? Coba Lakukan Cara-Cara Ini

Pengin Hemat Air? Coba Lakukan Cara-Cara Ini
Perbaiki keran air yang bocor dengan segera. (Indianaexpress.com)

Bila kamu sedang berusaha menghemat air, cara-cara berikut bisa membantumu. Yuk, cek ulasannya!

Inibaru.id – Kekeringan acap kali terjadi di Indonesia saat musim kemarau tiba. Sumber-sumber air baik milik warga atau pemerintah surut. Hal ini mengakibatkan kurangnya pasokan air bersih yang digunakan untuk keperluan sehari-hari warga.

Kalau sudah begitu, barulah warga berbondong-bondong menghemat penggunaan air. Mereka melakukan pelbagai cara agar air yang ada cukup untuk keperluan mereka sehari-hari.

Nah, ada baiknya sikap menghemat air itu nggak dilakukan pada saat-saat mendesak saja. Ketika persediaan air normal, sikap hemat air juga perlu dipraktikkan.

Berikut ada beberapa cara menghemat air dari dua warga Semarang Meta Gesti Rahayu dan Dian Iriani yang mungkin nggak terpikirkan olehmu. Padahal, cara-cara ini cukup efektif untuk menghemat penggunaan airmu, lo.

Tutup Keran Saat Menggunakan Sabun

https://ak5.picdn.net/shutterstock/videos/4524335/thumb/1.jpg

Jangan biarkan air mengalir saat mencuci piring atau sikat gigi. (Shutterstockphoto.com)

Kalau selama ini kamu punya kebiasaan mencuci piring atau baju dengan air yang terus menerus mengalir, mulai sekarang ubah kebiasaan itu, Millens. Mencuci sambil membiarkan air mengalir adalah salah satu bentuk pemborosan yang sering nggak disadari orang. Bayangkan saja, kalau ada 10 orang yang melakukannya, sudah berapa banyak air yang terbuang sia-sia?

Pasang Shower

https://images.askmen.com/1080x540/2016/04/22-044808-shower_grooming_tools_for_men.jpg

Shower membuat mandimu lebih hemat air. (Askmen.com)

Ketimbang menggunakan gayung atau berendam di bak, mandi menggunakan shower adalah cara yang efektif untuk menghemat air. Ini lantaran shower hanya akan kamu nyalakan jika sudah selesai menggosok seluruh badan. Air yang keluar dari shower pun cenderung lebih sedikit. Jadi, penggunaan air untuk mandi bisa lebih efisien.

Manfaatkan Air Tetesan Pendingin Ruangan (AC)

https://www.umweltbundesamt.de/sites/default/files/styles/800w400h/public/medien/419/bilder/wirtschaft-konsum_produkte_fluorierte_treibhausgase_fckw_anwendungsbereiche_gebaeudeklimatisierung_kanvag_fotolia.com_30855546.jpg?itok=Rtzdeeet&c=46c186e4c8cd43e80badef7e8354332e

Air dari AC bisa kamu gunakan untuk menyiram tanaman, lo. (Umweltbundesamt.de)

Air yang menetes dari pendingin ruangan biasanya cuma dibiarkan begitu saja. Padahal, jika kamu mau menampungnya, air itu bisa digunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat misalnya menyiram tanaman dll.

Ganti Conditioner dengan Vitamin Rambut

https://www.agein.com/wp-content/uploads/2017/02/iStock-143689340-724x400.jpg

Beralihlah menggunakan vitamin rambut tanpa air. (Agein.com)

Sadar nggak sih, conditioner yang kamu pakai setelah keramas menjadi salah satu alasan berkurangnya pasokan air bersih? Setelah menggunakan sampo, kamu masih harus membilas rambutmu lagi karena menggunakan produk ini. Semakin banyak treatment, semakin banyak juga air yang kamu butuhkan.

Nah, supaya rambutmu tetap indah tanpa harus boros air, kamu bisa beralih menggunakan vitamin rambut. Saat ini, sudah banyak produk vitamin rambut di pasaran yang bisa dipakai setelah rambutmu kering. Harga dan fungsi vitamin rambut juga nggak jauh berbeda dengan conditioner, kok.

Gunakan Pewangi Sekali Bilas

https://www.scienceabc.com/wp-content/uploads/2015/08/beautiful-woman-choosing-personal-care-product-in-supermarket-shopping-Olesia-Bilkeis.jpg

Pilih pewangi sekali bilas supaya hemat air. (Scienceabc.com)

Mencuci menggunakan pewangi memang bikin pakaianmu lebih lembut dan harum. Namun, jika kamu sedang dalam visi menghemat air, sebaiknya pikir ulang lagi deh kalau hendak menggunakan pewangi.

Cobalah beralih menggunakan pewangi sekali bilas. Kamu bisa menghemat air karena proses mencuci lebih singkat, Millens.

Jangan Tinggalkan Keran Air yang Menyala

https://remodelerplatform.blob.core.windows.net/wwwalenconlinecom/gallery/original/a7da0dac-7a1b-4e83-9765-e48092463b4a.jpg

Jangan meninggalkan keran air yang sedang menyala dalam waktu yang lama. (Remodelerplatform.blob.core.windows.net)

Hal ini sering dilakukan sejumlah orang. Mereka biasanya lupa mematikan keran saat hendak pergi dalam waktu yang lama. Alhasil, air terus menerus mengalir dan terbuang begitu saja. Sayang banget kan?

Nah, agar hal itu nggak terjadi, cobalah buat check list yang harus kamu lakukan sebelum meninggalkan rumah. Mematikan keran air jadi satu di antaranya.

Segera Perbaiki Keran yang Bocor

http://www.waterleakdetectioncanberra.com.au/wp-content/uploads/2015/12/repairing-burst-pipes-repairing-water-leaks.jpg

Jangan tunda perbaiki keran yang bocor. (Waterleakdetectioncanberra.com.au)

Kebiasaan menunda-nunda ternyata berdampak terhadap banyaknya air yang terbuang. Ini juga berlaku jika kamu menunda-nunda memperbaiki keran yang bocor, apalagi jika air dari keran tersebut nggak kamu tampung. Jika ada keran yang bocor di rumahmu, sebaiknya jangan menunda untuk memperbaikinya ya, Millens.

Kurangi Intensitas Mencuci Perlengkapan Rumah

http://3.bp.blogspot.com/-89pFswlreMQ/VCYb4FevFFI/AAAAAAAAdVw/Abb94jzLc8U/s1600/DSCN0451.JPG

Jemur peralatan rumah lebih sering. (ritassewfun.blogspot.com)

Karpet dan peralatan ibadah adalah benda-benda yang membutuhkan banyak air untuk mencuci. Jika kamu nggak pengin benda-benda tersebut berbau apak lebih cepat tapi pengin tetap hemat air, menjemur bisa jadi pilihan yang tepat.

Nggak melulu harus terkena sinar matahari langsung, kok. Cukup dengan mengangin-anginkannya lebih sering juga bisa meminimalisasi barang-barang itu berbau nggak sedap.

Manfaatkan Air Mineral yang Tersisa

https://cdn.skim.gs/image/upload/v1456339035/msi/pretty-woman-with-water-bottle_qwqwwz.jpg

Bawa selalu botol air ke manapun kamu pergi. (Skim.gs)

Pernah minum air kemasan tanpa menghabiskannya? Mulai sekarang, hindari kebiasaan itu ya. Kamu bisa mengakalinya dengan menuang air kemasan yang sisa ke botol minummu.

Kalau kamu sedang nggak bawa botol air, cobalah cari tanaman di sekitarmu. Kamu bisa menggunakan air sisa tadi untuk menyiram tanaman-tanaman tersebut. Lebih bermanfaat kan?

So, tunggu apalagi? Yuk mulai menghemat air dari sekarang. Eits, jangan hanya menghemat air saat musim kemarau melanda ya! Kebiasaan ini perlu diterapkan secara terus menerus. (Artika Sari/E04)