Yuk, Cintai Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Sederhana Ini!

Yuk, Cintai Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Sederhana Ini!
Setiap orang butuh bahagia dengan caranya sendiri misalnya mendengarkan musik dll. (Uprint)

Mencintai diri sendiri bukan melulu soal egois. Mencintai diri sendiri dibutuhkan untuk memperbaiki diri dari hal-hal yang nggak sesuai di kehidupan. Nah, berikut lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencintai dirimu sendiri.

Inibaru.id – Bagi sebagian orang, mencintai diri sendiri merupakan perbuatan yang sedikit egois. Padahal, dalam dunia psikologi, mencintai diri sendiri merupakan hal positif sebagai sebuah fase untuk memperbaiki diri di berbagai sisi kehidupan.

Perlu kamu tahu, mencintai diri sendiri bakal meningkatkan kualitas hubunganmu dengan orang lain, mengasah potensi diri, dan meningkatkan rasa percaya diri, lo. Kamu juga akan lebih merasa bebas karena bisa menjadi dirimu sendiri dan memahami kelebihan kekuranganmu di berbagai bidang. Dengan begitu, kamu bisa membawa dirimu ke hal-hal positif yang sesuai dengan keinginanmu.

Nah,ada cara-cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menjadi dirimu sendiri. Berikut lima di antaranya.

Jujur dengan Kepribadianmu

Menjadi diri sendiri. (Fabelio)

Jujur dengan kepribadianmu adalah hal paling penting ketika kamu ingin mencintai dirimu sendiri sepenuhnya. Menjadi diri sendiri maksudnya menampakkan kepribadianmu yang sesungguhnya baik saat sendiri maupun bersama orang lain. Kamu nggak perlu menutupi dengan kepribadianmu yang cenderung heboh atau sensitif.

Dengan ini, kamu nggak perlu lagi berpura-pura untuk mendapatkan pencitraan yang baik di mata orang lain atau kekasihmu. Tunjukkan kepribadianmu supaya nggak merasa terbebani. Mereka juga lebih bisa mengenalmu dan mencintaimu apa adanya.  

Menjalin Hubungan dengan Orang-Orang yang Positif

Hubungan yang positif. (Pixabay)

Salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk mencintai diri sendiri dengan baik adalah bergaul dengan orang-orang yang sungguh menyayangimu. Ini akan terlihat dari bagaimana mereka menjadikanmu orang yang benar dan memberikan suasana positif di segala kegiatanmu. Selain itu, kehidupanmu juga akan lebih tentram dan nyaman karena mereka yang mencintaimu akan selalu berada di sisimu dalam keadaan sulit sekalipun. Ketika kamu melakukan hal yang salah, mereka akan menasihatimu.

Memenuhi Kebutuhan Diri Sendiri dengan Baik

Memenuhi kebutuhan diri sendiri. (Pexels/Bruce Mars)

Laman Kompas (24/1/2018), menulis, menurut Julie Hanks, terapis dari PsychCentral, langkah pertama untuk mulai bersahabat dengan diri sendiri adalah dengan memperhatikan kebutuhan fisik, rohani, psikis, dan mental. Contoh konkretnya adalah memahami kebutuhan untuk tidur, makan, olahraga, rekreasi, dan beribadah. Hanks juga menyarankan untuk memprioritaskan aktivitas yang membuatmu senang dan bahagia. Kendati terkesan remeh, hal ini dapat membawa kebahagiaan dan kepuasan dalam kehidupanmu.

Selalu Bersyukur dalam Segala Kondisi

Bersyukur. (Dinimon)

Merasa bersyukur adalah bentuk terima kasih atas apa yang sudah diberikan Tuhan padamu. Apapun masalah yang datang, teruslah merasa bersyukur karena Tuhan telah memberikanmu kesempatan untuk menikmati hidup dan belajar di segala kondisi. Ingatlah, ada banyak orang yang ingin hidup lebih lama, tapi kondisinya nggak seberuntung dirimu. Jalanilah kehidupan seperti Tuhan Yang Maha Esa perintahkan. Memang tampak sulit sih, tapi nggak ada salahnya mencoba, Millens.

Jalani Hidup dengan Semestinya

Menjalani hidup semestinya. (Cahayaislam)

Nggak hanya ada dua kesempatan dalam hidup ini. Ada banyak kesempatan yang bisa kamu dapatkan melalui cara yang lain. Karena itu, gunakan setiap kesempatan yang ada untuk terus memperbaiki diri. Kamu perlu menjalani kehidupanmu sebaik mungkin. Tak mengapa mengikuti arus asal itu benar dan sehat. Jangan terlalu serius dengan hidup. Kadang kamu perlu lelucon untuk membuat hidupmu lebih santai.

Nah, itulah beberapa cara sederhana untuk mencintai diri sendiri. Sobat Millens punya cara lain untuk mencintai diri sendiri? (IB07/E04)