Yuk, Penuhi Kocek dari Komik!

Yuk, Penuhi Kocek dari Komik!
Proses kreatif di Papillon Studio Semarang. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Bisa nggak, sih, kita dapat penghasilan dari membuat komik? Wah, bisa banget! Terus, caranya seperti apa, ya?

Inibaru.id – Sobat Millens ada yang bercita-cita menjadi komikus nggak nih? Atau malah sudah jadi komikus? Perlu kamu tahu, peluang mendapatkan uang dari membuat komik itu lumayan besar, lo. Ditambah lagi, kini media untuk memublikasikan komik semakin luas.

Hal ini sangat berbeda dengan era 2000-an. Kala itu, media yang bisa digunakan untuk memublikasikan komik masih terbatas. Salah seorang pendiri Papillon Studio, Semarang, Jawa Tengah Alfa Robbi mengungkap perbedaan itu.

Alfa menceritakan, pada masa awal mendirikan Papillon Studio 2002 lalu, promosi jasa menggambar susah dilakukan. Media sosial yang dia gunakan kala itu hanya bisa memajang 6 foto per akun. Alfa dan kawan-kawan akhirnya mengakali dengan membuat banyak akun untuk menampilkan beragam jenis karya.

Berbeda dengan zaman sekarang yang serbadigital. Kehadiran media sosial dan platform komik daring memudahkan komikus memajang karyanya. Eits, bukan berarti komik cetak meredup ya.

"Penggemar komik cetak masih banyak, kok," ujar Alfa.

Oh iya, di sisi lain, kehadiran media sosial dan platform komik daring adalah tantangan baru bagi komikus. Kemudahan untuk publikasi memunculkan komikus-komikus baru. Dengan begitu, mereka punya saingan yang lebih banyak. Nah, agar kamu tetap bisa memenuhi kocekmu dari komik, Alfa Robbi punya beberapa tips nih, Millens.

Perkuat Skill

Kamu perlu banyak berlatih agar kemampuanmu meningkat. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Kemampuan (skill) menggambar sangat berpengaruh, lo. Kemampuan menggambar itu penting untuk mencipatakan figur drawing a.k.a. gambar karakter yang kuat. Kamu perlu paham bagaimana cara menggambar apapun seperti pistol, pedang, dan mobil. Dengan kemampuan yang mumpuni, proporsi gambarmu pun akan tepat.

Promosikan Kemampuanmu

Agar orang lain mengetahui kemampuanmu, kamu perlu memajang karya yang sudah dibuat. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Millens perlu tahu nih, komikus itu sebetulnya sama seperti “penjaja dagangan”. Supaya orang tahu kemampuan yang kamu miliki, kamu perlu mempromosikan karyamu.

“Kamu perlu rajin-rajin memperlihatkan portofolio, sambil dikasih iklan. Bisa saja kan ada orang yang membutuhkan jasamu. Nah, dari situ ada peluang penghasilan,” saran seorang komikus di Papillon Studio Aryo.

Pilih Media yang Sesuai

Webtoon merupakan salah satu media komik daring yang bisa dipilih. (Webtoons.com)

Nah, terus, dari mana kamu bisa mendapat uang? Kalau kamu berkutat di komik strip, kamu punya peluang mendapatkan endorse dari pemilik usaha untuk mengiklankan barangnya melalui karakter komikmu. Namun, kalau komikmu sudah nge-hits banget, mungkin saja penerbit akan menghubungimu.

Selain komik strip, kamu juga bisa memperoleh uang dari webcomics. Ketika komik buatanmu sudah official, setiap episode komik yang kamu unggah akan dibayar perusahaan penyedia webcomic.

Kamu juga bisa memasukkan karyamu ke penerbit, Millens. Kalau karyamu bagus, penerbit pasti nggak akan nolak komikmu dong.

Dengan peluang sebesar ini, apa kamu nggak tertarik menjajal profesi komikus? Boleh dicoba, lo. He-he. (Ayu S Irawati/E04)