Youtuber Asal Tiongkok Li Ziqi Menghilang, Ada Apa?

Youtuber Asal Tiongkok Li Ziqi Menghilang, Ada Apa?
YouTuber Tiongkok Li Ziqi dikabarkan menghilang. Apa yang terjadi dengannya? (YouTube/Li Ziqi)

Youtuber asal Tiongkok Li Ziqi tiba-tiba menghilang selama lebih dari satu bulan. Banyak orang berspekulasi terkait hal ini. Apalagi, sebelumnya sejumlah selebritas Tiongkok juga seperti hilang tak berbekas di sana. Kenapa ya?

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak tahu YouTuber Li Ziqi? YouTuber asal Tiongkok ini dikenal sering mengunggah konten-konten pedesaan yang alami lengkap dengan kehidupan sehari-hari di sana. Hanya, belakangan konten-konten di YouTube dan media sosial Li Ziqi tiba-tiba menghilang. Ada apa, ya?

Kamu tahu sendiri kan sejumlah selebritas dan tokoh-tokoh terkenal Tiongkok tiba-tiba dihilangkan jejaknya oleh pemerintah Negara Tirai Bambu belakangan ini. Yang paling bikin heboh tentu saja hilangnya Vicki Zhao yang berkali-kali menghiasi film-film yang tayang di layar kaca. Hilangnya Li Ziqi ini tentu membuat banyak orang berspekulasi.

Usai hampir dua bulan nggak terlihat batang hidungnya, tiba-tiba pada 30 Agustus 2021 lalu Li Ziqi mengunggah postingan yang menunjukkan dia sedang mengadukan sebuah masalah ke polisi. Para pengikut media sosialnya pun kemudian menduga Ziqi sedang terkena masalah hukum.

“Saya selalu meminta pengacara mencatat segalanya, ini sangat menyeramkan! Kapital memang memiliki trik yang bagus!” tulis Ziqi dalam unggahan tersebut. Sayangnya, komentar yang menunjukkan kapital sebagai bisnis besar itu kemudian dihapus.

Sayangnya, Ziqi belum menjelaskan apa yang sebenarnya menimpanya. Setelahnya, dia justru mengunggah postingan di media sosial Oasis, sesuatu yang sudah sangat lama nggak di lakukan usai aktif di YouTube atau Weibo.

Ada dugaan kalau terjadi permasalahan antara usaha Ziqi dengan pihak ketiga. Namun, usaha Ziqi memang dikenal nggak besar. Kalau menurut Tianyancha, sebuah perusahaan penyedia data bisnis, merek makanan sekaligus iklan media sosial Ziqi 51 persen-nya dipegang haknya oleh perusahaan manajemen influencer bernama Hangzhou Weinian. Sementara itu, Ziqi hanya punya 49 persen saham saja.

Unggahan terakhir Li Ziqi menunjukkan kalau dia sedang kena masalah hukum. (YouTube/Li Ziqi)
Unggahan terakhir Li Ziqi menunjukkan kalau dia sedang kena masalah hukum. (YouTube/Li Ziqi)

Nah, Hangzhou Weinian ini belakangan diketahui mendapatkan investasi dari ByteDance. Kalau kamu nggak tahu apa perusahaan ini, Tiktok dan Douyin adalah produk-produknya.

Sayangnya, hingga saat ini, belum jelas masalah yang menimpa Ziqi terkait dengan Hangzhou Weinian, Bytedance, atau justru dengan pihak lainnya.

Li Ziqi sudah nggak sekolah lagi sejak usianya 14 tahun. Sebelum jadi YouTuber terkenal, dia bekerja sebagai pelayan restoran dan di kelab malam. Nasibnya berubah drastis justru karena saat dipaksa pulang ke kampung halamannya karena sang nenek sakit di desa terpencil yang ada di Provinsi Sichuan.

Awalnya, Ziqi hanya berjualan toko daring dan membuat video untuk mengiklankan produknya. Namun, dia kemudian mengunggah video yang isinya kehidupan sehari-hari di pedesaan Tiongkok seperti bercocok tanam, memasak, membuat kerajinan tangan, dan lain-lain. Video-video ini kemudian terkenal di seluruh dunia karena dianggap bisa menenangkan pikiran siapa saja orang yang menontonnya.

Saking populernya, Ziqi bahan sampai mendapatkan gelar Duta Budaya Internasional Tiongkok. Nggak hanya viral di YouTube, Ziqi juga terkenal di Douyin, semacam TikTok namun yang ada di Tiongkok.

Duh, semoga masalah yang dialami Li Ziqi bisa segera diselesaikan dan kembali eksis di Youtube ya?, Millens? (Vic/IB09)