Yon Koeswoyo Meninggal, Indonesia Berduka

Kendati masa kejayaannya sudah "habis", lagu-lagu Koes Plus masih dikenal hingga kini. Kematian Yon Koeswoyo pun jadi duka mendalam negeri ini. Dengan kematian ini, tinggal satu personel Koes Plus yang tersisa.

Yon Koeswoyo Meninggal, Indonesia Berduka
Yon Koeswoyo (Antaranews.com)

Inibaru.id – Sebuah kabar duka menyelimuti belantika musik Tanah Air. Yon Koeswoyo, salah seorang pentolan grup band Koes Plus meninggal dunia. Pada Jumat (5/1/2017), musikus 77 tahun itu tutup usia setelah sempat dikabarkan sakit.

Koes Plus adalah salah satu grup band legendaris Tanah Air yang karya-karyanya nggak pernah lekang oleh zaman. Kendati masa kejayaan mereka sudah berlalu sejak bertahun-tahun lalu, lagu Koes Plus masih banyak didengar, termasuk di kalangan Millenials kayak kita.

Kabar sedih ini pun langsung menyebar luas di jejaring sosial. Sejumlah tokoh terkemuka langsung mengungkapkan duka meninggalnya sang legenda.

Baca juga:
Benny Panjaitan, Komponis, Gitaris, dan Vokalis Panbers
Chrisye, Sang Legenda Musik Indonesia

Seperti ditulis Detik.com, Jumat (5/1/2018), budayawan cum jurnalis Indonesia, Goenawan Mohamad, melalui akun Twitter-nya menyampaikan belasungkawa dengan menuliskan "perjuangan" Koes Plus, terkhusus Yon Koeswoyo.

Yon Koeswoyo meninggal, salah satu dari Grup Koes Bersaudara yang dikenal di tahun 1960-an. Di masa Bung Karno (yang anti Beattles), lagu-lagu mereka dilarang dan mereka pernah disekap. Tapi musik adalah ekspresi kemerdekaan. Tak bisa dibungkam,” tulis @gm_gm.

Setali tiga uang, politikus Muhaimin Iskandar juga mengungkapkan duka mendalam atas kematian vokalis Koes Plus tersebut.

"Selamat jalan mas Yon Koeswoyo, Kepergianmu meninggalkan jejak cemerlang dalam sejarah musik nusantara. Musikmu tak pernah mati dalam memori generasi kami. Turut belasungkawa untuk Keluarga yang ditinggalkan. #RIPYonKoeswoyo #KoesPlus," tulisnya.

Baca juga:
Ketika Casey Neistat Jajal Kabin Kelas Satu Boeing 777 Emirates Airlines
Meregang Nyawa karena Gila Kerja

Selamat jalan, Yon Koeswoyo! Tenanglah di sana, dan tinggalkan karya-karyamu di sini, karena dunia musik Tanah Air masih membutuhkannya. (AW/GIL)