Selama Lebaran 2019, Polda Yogyakarta Adakan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Wisata

Selama Lebaran 2019, Polda Yogyakarta Adakan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Wisata
Rekayasa lalu lintas akan diterapkan di jalur wisata Yogyakarta selama Lebaran 2019. (Antara/ Akbar Nugroho Gumay)

Selama libur Lebaran 2019, Polda Yogyakarta bakal menerapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah jalur wisata.

Inibaru.id – Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta mulai merancang sejumlah rekayasa pengaturan lalu lintas di sejumlah jalur wisata. Rekayasa lalu lintas itu dibuat untuk mengantisipasi padatnya wisatawan selama libur Lebaran 2019. Aturan ini rencananya akan diberlakukan mulai 28 Mei 2019 hingga 13 hari ke depan.

Salah satu jalur yang bakal direkayasa yakni jalur pantai yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta. Jalur pantai-pantai di selatan Yogyakarta ini akan dibuat satu arah. Kendaraan yang sudah memasuki kawasan pemungutan retribusi juga nggak diperbolehkan putar balik.

Hal ini disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Yogyakarta Komisaris Besar Tri Julianto Djati Utomo. Djati mengatakan, tujuan penerapan arus satu arah dilakukan guna mengantisipasi kemacetan parah di jalur pantai Gunungkidul.

"Petugas kepolisian sudah berkoordinasi dengan dinas perhubungan di masing-masing kabupaten. Mereka mengkaji kerawanan di jalur menuju objek wisata yang menyajikan keindahan alam dari ketinggian seperti Tebing Breksi di Sleman dan Kawasan Mangunan," ujar Djati seperti dilansir dari laman Tempo, Rabu (15/5/2019).

Pada Lebaran tahun ini, lebih dari 2.700 petugas kepolisian akan diturunkan untuk mengamankan arus mudik dan arus balik. Sejumlah pos pengamanan juga disiapkan di jalur wisata seperti di Kecamatan Dlingo dan Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. Ada pula di Kecamatan Patuk lalu jalur menuju wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul.

Di Kabupaten Kulon Progo, pos pengamanan berada di dekat Bandara Yogyakarta International Airport. Untuk Kabupaten Sleman, ada di Kecamatan Prambanan yang merupakan perbatasan dengan Klaten, Jawa Tengah. Di Kota Yogyakarta, pos pengamanan masih diprioritaskan di Jalan Malioboro.

Kalau sobat Millens hendak berlibur ke Yogyakarta selama periode tersebut, perhatikan alur rekayasa lalu lintasnya ya supaya nggak kecele. (IB24/E04)