Yang Unik Jelang Pelantikan Anies-Sandi

Sejumlah fakta unik mewarnai persiapan pelantikan Anies-Sandi, dari menolak mobil dinas hingga seragam berharga selangit.

Yang Unik Jelang Pelantikan Anies-Sandi
Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga S Uno, hadir dalam acara Doa dan Harapan pemimpin baru di Grand Cempaka, Jakarta Pusat, belum lama ini. (Angga Bhagya Nugraha/Warta Kota)

Inibaru.id – Kontestasi pemilihan Gubernur DKI Jakarta akhirnya selesai juga. Tak hanya masyarakat Ibukota, rakyat seluruh Indonesia yang turut berbicara dalam pertarungan “berdarah-darah” itu. Beberapa bulan lalu pemenang telah diumumkan, dan Senin (16/10/2017) ini mereka dilantik.

Berhasil mengantongi suara terbanyak, Anies Baswedan dan Sandiaga S Uno (Anies-Sandi) mulus melaju ke DKI 1 dan 2. Sejumlah hal unik mengiringi persiapan pelantikan mereka. Apa sajakah itu?

1. Tolak Mobil Dinas

Keputusan ini menarik: Anies lebih memilih Kijang Innova miliknya daripada mobil dinas Toyota Land Cruiser yang telah dipersiapkan khusus untuknya sebagaimana gubernur-gubernur terdahulu. Ia bahkan mengaku tak mengetahui bahwa dirinya akan mendapatkan fasilitas tersebut.

2. Berangkat dari Masjid Sunda Kelapa

Menjelang pelantikan, Anies-Sandi dikabarkan bakal berangkat dari Masjid Sunda Kelapa menuju Istana Negara untuk menjalani prosesi pelantikan. Seusai pelantikan, mereka juga akan menggelar syukuran besar-besaran.

Namun begitu, Anies mengatakan, syukuran itu bukan dimaksudkan untuk bermewah-mewah atau berlebihan. Biaya syukuran itu, ungkapnya, merupakan hasil patungan masyarakat dan para sukarelawan.

3. Tayangan VR selama Pelantikan

Tim dari Anies-Sandi telah mempersiapkan teknologi virtual reality (VR) pada sejumlah kantor kelurahan di Jakarta agar masyarakat bisa turut serta menyaksikan rangkaian acara di Balai Kota seusai Anies-Sandi dilantik.

Selain itu, warga Jakarta juga bisa menyaksikan acara di Balai Kota lewat laman jakarta.go.id atau beritajakarta.id.

4. Baju Seragam Mahal

Anies sempat mengunggah seragam resmi Gubernur DKI yang baru saja dijahit untuknya ke akun media sosial pribadinya. Dalam unggahan itu, Anies mengaku kagum dengan hasil jahitannya. Namun, tahukah Anda berapa harga bajunya itu?

Baju tersebut dijahit langsung oleh Thio Ahmad Hendra. Penjahit legendaris itu telah menjahit sejak era Tjokropronolo menjabat Gubernur DKI Jakarta (1977-1982). Thio mengatakan, total seluruh baju seragam Anies berbanderol Rp 4,2 juta. (GIL/SA)