Yang Mulus Belum Tentu Manis, Ini Tips Memilih Buah Semangka

Yang Mulus Belum Tentu Manis, Ini Tips Memilih Buah Semangka
Memilih semangka. (Flickr/ Ilya Yakubovich)

Siapa bilang semangka yang mulus pasti manis? Kamu harus ketahui dulu tips memilih semangka agar bisa mendapatkan yang tepat berikut ini.

Inibaru.id – Millens suka makan buah semangka nggak nih? Buah yang tinggi kandungan air ini memang sangat menyegarkan. Apalagi jika dikonsumsi saat suhu udara cukup panas. Sayangnya, banyak orang yang mengaku kebingungan saat memilihnya di toko buah. Hal ini disebabkan oleh buah semangka yang biasanya dibeli secara satuan dan nggak dibuka. Lantas, apakah ada cara agar kita bisa memilih buah semangka terbaik?

Nggak perlu bingung Millens. Ada kok cara untuk memilih buah semangka. Yuk simak tips-tips berikut ini.

1.       Cek Tangkainya

Tangkai semangka. (Flickr/

Jackson's Orchard)
Tangkai semangka. (Flickr/ Jackson's Orchard)

Yap, cara pertama yang kamu perlu cek adalah bagian tangkai buahnya. Kalau bagian tangkai ini mudah dicabut, hal ini menandakan udah sudah matang. Sebaliknya, kalai tangkainya masih sulit untuk dicabut dan warnanya cenderung masih hijau, tandanya semangka belum benar-benar matang. Kalau memilih semangka terakhir, bisa jadi rasanya kurang manis. Kecewa deh.

2.       Ketuk Permukaan Buah

Buah semangka bisa diketuk. (Flickr/

Mike Mozart)
Buah semangka bisa diketuk. (Flickr/ Mike Mozart)

Kamu pasti pernah melihat orang mengetuk-ngetuk buah semangka sebelum membelinya, kan? Cara ini ternyata cukup ampuh untuk menentukan apakah semangka manis atau nggak, lo. Biasanya, semangka yang sudah matang akan mengeluarkan suara yang cenderung berat dan penuh. Sebaliknya, semangka dengan bunyi yang nyaring menandakan buah sudah berongga atau kurang padat. Rasanya juga belum benar-benar matang.

3.       Cek Kulit Semangka

Kulit semangka memiliki bercak kekuningan. (Flickr/

Phera Laster)
Kulit semangka memiliki bercak kekuningan. (Flickr/ Phera Laster)

Kalau di kulit semangka ada bercak kekuningan, hal ini menandakan bahwa semangka sudah matang. Semakin lebar bercak ini, semakin tinggi tingkat kematangan saat berada di tanah. Jadi, sebaiknya kamu memilih semangka dengan bercak kuning yang lebih besar. Sebaiknya kamu juga memilih semangka dengan warna hijau lebih gelap atau kusam.

4.       Cek Jaring di Kulit Buah

Tekstur jaring di kulit semangka menandakan kematangannya. (Flickr/Massachusetts Office of Travel and Tourism.)
Tekstur jaring di kulit semangka menandakan kematangannya. (Flickr/Massachusetts Office of Travel and Tourism.)

Nggak hanya bercak kekuningan, kamu akan menemukan semacam tekstur berbentuk jaring dengan warna kecokelatan di kulit semangka. Meski hal ini membuat kulit semangka nggak mulus, justru menandakan bahwa semangka sudah manis. Semakin banyak tekstur jaring, semakin manis semangka tersebut.

Jadi, sudah tahu kan cara memilih semangka yang manis? Nggak perlu takut salah pilih lagi deh, Millens. (Hip/IB09/E05)