Yang Menarik setelah Pengundian Piala Dunia 2018

Pengundian Piala Dunia 2018 sudah berlangsung: bakal ada duel bebuyutan yang terbilang klasik dan menjanjikan pertandingan yang seru

Yang Menarik setelah Pengundian Piala Dunia 2018
Suasana pengundian grup Piala Dunia 2018 di Istana Kremlin, Moskwa, Jumat (1/12/2017) malam. (REUTERS/Kai Pfaffenbach via CNN Indonesia)

Inibaru.id - Pembagian grup Piala Dunia 2018 sudah berlangsung. Dalam undian yang berlangsung di Moskwa, Jumat (1/12/2017), dan melibatkan legenda-legenda sepak bola dunia, 32 negara peserta sudah dipastikan menempati grup masing-masing.

Beberapa negara masuk dalam grup yang cukup kompetitif. Sementara duel antarnegara yang menjadi rival bebuyutan juga dipastikan terjadi pada Rusia 2018.

Setelah hasil pengundian diketahui ada beberapa fakta menarik yang tersaji terkait rekor pertemuan antarnegara seperti dikutip dari CNN Indonesia (2/12/2017).

Apakah sajakah?

1. Dominasi Inggris atas Belgia

Duel Belgia kontra Inggris di Grup G menjadi salah satu laga yang diprediksi seru. Dalam sejarah pertemuan kedua negara, Belgia hanya pernah menang satu kali menghadapi Inggris dalam 20 pertemuan terakhir. Lima pertandingan lainnya berakhir imbang, dan 14 kali kalah. Satu-satunya kemenangan atas Inggris diraih pada tahun 1936.

Baca juga:
Melongok Hasil Undian Grup Piala Dunia 2018 dan Optimisme Sang Juara Bertahan
Format Baru untuk Piala Dunia 2026 ala Infantino

2. Pertemuan Rutin

Argentina vs Nigeria dan Brasil vs Serbia akan menjadi pertandingan pertama yang akan dimainkan dalam lima fase grup Piala Dunia. Sebelum Rusia 2018, Rusia dan Nigeria serta Brasil dan Serbia, sudah pernah empat kali berada di satu grup yang sama.

Sementara pertemuan Spanyol dan Portugal sudah terjadi sebanyak 35 kali di segala ajang. Di Piala Dunia tahun depan, dua negara dari semenanjung Iberia akan bertemu untuk ke-36 kali.

3. Spanyol Tak Pernah Dibobol Ronaldo

Dalam empat laga menghadapi Spanyol, Cristiano Ronaldo tidak bisa membobol gawang La Furia Roja kecuali ketika adu penalti.

4. Grup Tanpa Juara Bertahan

Grup H menjadi satu-satunya grup yang tidak berisikan negara yang pernah menjadi juara dunia.

Baca juga:
Naik 11 Peringkat di Rangking FIFA, Indonesia Unggul Jauh dari Malaysia
Ketika Ngurah Rai Ditutup, Bali Kehilangan Devisa Rp 250 Miliar/Hari

5. Tak berpengalaman

Panama menjadi satu-satunya dari 32 partisipan Piala Dunia yang tidak pernah bertemu negara yang akan dihadapi di fase grup.

6. Laga Perdana dengan Tim dari Asia

Arab Saudi menjadi negara asal Asia pertama yang tampil di pertandingan pembuka Piala Dunia. Tahun depan, Arab Saudi akan menghadapi Rusia. (EBC/SA)