Maria, Mantan Penyanyi Cilik yang Juarai Indonesian Idol 2018

Sempat bersaing sengit hingga malam Grand Final, Maria Simorangkir akhirnya terpilih menjadi juara Indonesia Idol 2018 setelah mengungguli Ahmad Abdul.

Maria, Mantan Penyanyi Cilik yang Juarai Indonesian Idol 2018
Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (tiga kanan) dan isteri Liliana Tanoesoedibjo (empat kanan) saat sesi penyerahan hadiah kepada juara Indonesian Idol 2018. (Sindonews.com)

Inibaru.id – Tak terasa empat bulan telah berlalu sejak ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol 2018 telah bergulir. Maria Simorangkir, penyanyi belia asal Medan, Sumatra Utara, keluar sebagai juaranya. Gadis bersuara emas itu mengungguli Ahmad Abdul dalam laga Grand Final yang berlangsung di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (24/4/2018) dini hari.

Menyisakan dua finalis, Abdul dan Maria bersaing ketat memperebutkan predikat juara. Tanpa cela, kedua kontestan tampil sempurna dalam lagu-lagu solo maupun kolaborasi, hingga puncak Result and Reunion Show Indonesian Idol. Keduanya pun menunggu hasil akhir sembari berangkulan.

"Indonesia memilih, selamat untuk Maria," ujar presenter Daniel Mananta, seperti ditulis Okezone.com, Selasa (24/4).

Setelah Daniel meneriakkan nama Maria, dia pun langsung memeluk Abdul dengan ekspresi kaget. Kemenangan ini pun memecahkan rekor Indonesian Idol sebagai kontestan termuda. Sementara, Abdul menduduki posisi runner up.

Pada ajang tersebut, Maria meraih hadiah uang tunai sebesar Rp 150 juta dan satu unit mobil, sedangkan Abdul yang meraih runner up, membawa pulang hadiah uang sebesar Rp 100 juta dan satu unit mobil.

Nggak hanya itu, mantan kontestan Idol Junior itu juga mendapatkan kontrak rekaman di Universal Musik Indonesia. Dia juga mendapatkan lagu kemenangannya yang berjudul "Yang Terbaik" ciptaan Abdul and the Coffee Theory.

Sosok Maria

Bernama lengkap Maria Dwi Pertama Simorangkir, gadis yang belum genap berusia 17 tahun tersebut bukanlah sosok asing dalam dunia tarik suara maupun ajang pencarian bakat menyanyi. Lahir di Medan, 7 Oktober 2001, putri semata wayang dari pasangan Maringan Simorangkir dan Rohani Simanjuntak ini telah menunjukkan bakat bernyanyi sejak usia 2,5 tahun.

Kesukaan menyanyi datang dari sang ayah yan juga gemar menyanyi. Berbagai les diikuti Maria untuk menunjang bakatnya, mulai dari vokal hingga musik. Tak hanya lihai berolah vokal, Maria juga mahir memainkan alat musik seperti piano, gitar, dan biola. Dia adalah pianis band kebaktian di Gereja HKBP Sei Putih Medan.

Sepak terjang Maria pada kontestasi menyanyi dimulai kala dia mengikuti ajang Indonesian Idol Junior 2014. Maria yang waktu itu baru berusia 12 tahun berhasil masuk posisi lima besar.

Pada Indonesian Idol 2018, suara dan mental Maria jauh lebih matang. Warna vokalnya yang khas, melengking tinggi, dan menggelegar, mengundang perhatian juri maupun penonton selama dia mengikuti ajang yang berlangsung selama beberapa bulan tersebut.

Beberapa kali gadis yang mengidolakan Anggun, Agnez Mo, Beyonce, dan Rihanna ini mendapatkan standing ovation, misalnya ketika membawakan lagu "Never Enough". Nggak hanya apresiasi para juri, pelantun asli lagu tersebut, Loren Allred, bahkan memuji Maria lewat teleconference. 

Wah, selamat ya, Maria! Semoga langgeng di dunia tarik suara! (IB07/E03)