Ternyata Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berpuasa

Ternyata Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berpuasa
Pahami apa yang terjadi dalam tubuhmu saat berpuasa. (Pixabay)

Puasa diklaim memiliki banyak manfaat termasuk mengurangi berat badan. Tapi seperti apa kondisi tubuh ketika seseorang berpuasa?

Inibaru.id – Tubuh manusia membutuhkan asupan glukosa yang berasal dari makanan berkarbohidrat, biji-bijian, buah dan sayur. Dikutip dari kompas.com (6/5/2019), glukosa disimpan di hati dan otot yang kemudian akan dilepaskan ke aliran darah saat tubuh membutuhkannya. Eitts, itu kalau dalam kondisi normalnya ya! Kalau saat berpuasa, prosesnya beda!

Setelah sekitar 8 jam berpuasa, hati akan menggunakan cadangan glukosa yang tersisa dalam tubuh. Pada titik ini tubuh memasuki keadaan yang disebut glukoneogenesis, yang menandai transisi tubuh saat berpuasa. Oya, glukoneogenesis dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh. Tanpa asupan karbohidrat yang masuk, tubuh akan memproduksi glukosa tersendiri menggunakan lemak dan akibatnya, rasa lapar pun kian meningkat.

Pada posisi ini, metabolisme seseorang pun melambat dan tubuh mulai membakar jaringan otot. Jadi, nggak heran kalau hal tersebut dapat berdampak pada penurunan berat badan. Hmmm, pantesan ya banyak orang yang memilih jalan puasa untuk mengurangi berat badan?

Eitttsss, tunggu dulu! Penurunan berat badan itu nggak berlaku untuk semua orang, Millens! Soalnya, ada juga tipe orang yang meskipun melepaskan banyak energi, tapi nggak turun-turun juga berat badannya, he-he. So, tetap nggak bisa disamaratakan ya, Millens! (IB23/E05)