Woolly Mammoth dan Hewan-Hewan Punah yang Coba Dibangkitkan

Woolly Mammoth dan Hewan-Hewan Punah yang Coba Dibangkitkan
Mammoth, salah satu hewan punah yang akan dihidupkan kembali. (Lokadata.id)

Nggak cuma berupaya menghasilkan spesies baru, para ilmuwan ternyata juga bercita-cita menghidupkan kembali hewan-hewan yang punah. Mau tahu hewan mana saja yang bakal dibawa kembali dari kematian? 

Inibaru.id - Jauh sebelum manusia, dipercaya Bumi ini dihuni berbagai spesies hewan. Beberapa di antaranya telah berevolusi, namun banyak pula yang telah punah. Sebabnya, bencana besar hingga ulah manusia. 

Namun dengan berkembangnya bioteknologi, menggelitik para ilmuwan untuk “menghidupkan” kembali hewan-hewan yang telah punah tersebut. Eh, ini bukan omong kosong lo. Beberapa bahkan sudah mau terealisasi. 

Dilansir dari Science Alert, the long Now Foundation, melalui program Revive & Restore, telah memilih 25 hewan untuk dibangkitkan kembali. Alasan dibangkitkannya hewan-hewan tersebut adalah untuk membangun suar harapan. Metode yang diambil bisa melalui kloning untuk hewan-hewan yang nggak lagi subur.  Nggak cuma itu, beberapa spesies juga bisa dihadirkan lagi dengan cara mengubah genom spesies kerabatnya yang masih hidup.

Pada 2003 silam, upaya menghidupkan kembali berhasil dilakukan oleh ilmuwan Perancis dan Spanyol. Ialah kambing liar yang disebut bucardo atau pyrenean yang sukses dihadirkan kembali. Ya, meskipun cuma bisa bertahan hidup selama 10 menit sih.

Lalu hewan apa saja sih yang ingin dibangkitkan kembali oleh para ilmuwan? Berikut adalah beberapa hewannya, yuk simak!

1.      Harimau Kaspia

Harimau Kaspia diperkirakan sudah punah semenjak 1600 tahun silam. Harimau ini bisa mencapai berat lebih dari 136 kg dan juga termasuk spesies terbesar yang pernah hidup lo. Duh, kebayang nggak sih kalau harimau Kaspia ini masih ada sampai sekarang? Oya, harimau Kaspia ini semasa hidupnya bisa ditemukan di Turki dan Asia Tengah, termasuk Iran dan Irak, serta barat laut Tiongkok.

Para ilmuwan ingin membangkitkan mereka dengan menempatkan harimau Siberia yang nyaris identik dengan Kaspia.

2.       Aurochs

Aurochs merupakan nenek moyang dari sapi yang sudah punah pada abad 17 lalu. Hewan ini hidup di dataran Eropa dan Afrika Utara. Saat ini aurochs masuk daftar hewan yang sedang diupayakan hidup kembali. 

3.      Parkit Carolina

Parkit Carolina. (Wikipedia via Paragram)
Parkit Carolina. (Wikipedia via Paragram)

Hewan lain yang akan dibangkitkan adalah Parkit Carolina. Diketahui bahwa hewan ini satu spesies dengan burung nuri yang saat ini sudah punah sejak 1904, loh. Burung ini hidup di Amerika Serikat bagian timur, tapi mereka memiliki gen yang mirip burung pada beberapa jenis burung kerabat mereka yang hidup di Meksiko dan kawasan Karibia.

4.      Woolly Mammoth

Sudah pernah nonton Ice Age? Di sana ada hewan yang mirip dengan gajah. Nah, itulah Mammoth. Woolly Mammoth merupakan salah satu spesies gajah berbulu yang terkenal pada zaman es. Para peneliti Korea Selatan dan Amerika pun berniat untuk membuat kloning dari Wolly Mammoth tersebut, loh.

Populasi Woolly Mammoth terakhir hidup di Pulau Wrangel di Samudera Arktik sekitar 4000 tahun yang lalu.

5.      Sapi Laut

Pernahkah kamu mendengar istilah sapi laut? Sapi laut atau Steller Sea Cow merupakan hewan yang masih memiliki hubungan kerabat dengan dugong atau manatee. Hewan tersebut sebelumnya bisa ditemukan di pantai Laut Bering Asia. Namun hewan ini telah punah pada tahun 1768, Millens.

Pada  2011 para ilmuwan Rusia berhasil menemukan tulang susunan DNA sapi laut melalui tulang-tulang yang ditemukan di pinggir pantai. Sehingga para ilmuwan pun mencoba untuk mengkloning hewan tersebut.

Nah itulah beberapa hewan yang rencananya akan dihidupkan kembali oleh para ilmuwan. Semoga hal tersebut bisa terealisasi ya, Millens, agar nantinya kau juga bisa melihat hewan-hewan yang sudah punah di masa sekarang ini. (Ber,Lip,Kom,Ind/MG42/E05)