Untuk Sementara, Wisata Perahu di Bendungan Logung Kudus Ditutup

Untuk Sementara, Wisata Perahu di Bendungan Logung Kudus Ditutup
Wisata perahu bendungan Logung, Kudus ditutup sementara. (Kejoramuria)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menutup sementara wisata perahu di Bendungan Logung Kudus. Apa alasan dari penutupan ini?

Inibaru.id – Semenjak Bendungan Logung dibuka, wisata perahu dadakan yang dikelola warga sekitar langsung beroperasi. Keberadaan wisata ini memang cukup banyak menarik pengunjung. Namun, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memutuskan untuk sementara melarang keberadaan wisata perahu tersebut.

Keputusan pelarangan operasi wisata perahu di Bendungan Logung dilakukan setelah Pemkab Kudus bersama dengan BBWS Pemali Juwana, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, serta perwakilan dari Pemerintah Desa Kandangmas dan Tanjungrejo melakukan pertemuan.

Bupati Kudus HM Tamzil menyebut pelarangan ini diputuskan setelah pihaknya mendapatkan banyak masukan. Dia juga mengungkap alasan pelarangan ini di akun Instagram pribadinya @ir.tamzil.

“Sore tadi saya cek Bendungan Logung. Meski termasuk dalam hal kreatif, saya minta pengusaha perahu untuk berhenti sejenak demi memastikan adanya studi tentang keamanan perahu, penjaga keamanan wisata, SDM untuk wisata lainnya, dan lain-lain,” ucap Tamzil.

Tamzil juga menyebut keputusan ini terkait dengan adanya evaluasi dan rencana pengosongan air di Bendungan Logung untuk keperluan pengecekan kekuatan bangunan. Selain itu, Pemkab Kudus juga sedang merencanakan adanya wisata kuliner apung untuk lebih menarik wisatawan.

Sebagai informasi, proses pengosongan dan pengisian kembali Bendungan Logung akan dilakukan hingga akhir tahun. Proses ini akan diawali pada minggu ketiga Juni 2019.

“Bagi yang ingin naik perahu, sabar ya. Keputusan ini untuk kebaikan kita bersama. Nantinya Bendungan Logung akan semakin baik karena dikelola oleh Disbudpar Kudus dan Desa Kandangmas,” pungkasnya.

Tamzil juga menyebut akan melakukan audiensi dengan cara mengumpulkan para penyedia jasa perahu. Dia pun mengharapkan pengertian dari berbagai pihak karena tujuan dari kebijakan ini untuk pengelolaan wisata yang lebih baik.

Semoga saja Bendungan Logung bisa dikelola dengan jauh lebih baik, ya Millens. Hayo, kamu sudah pernah ke Bendungan Logung belum? (IB09/E04)